Resep Sambal Cumi Balado, Layak Jual dan Kualitas Bintang Lima

Kamis, 30 Juli 2020 - 05:15 WIB
loading...
Resep Sambal Cumi Balado, Layak Jual dan Kualitas Bintang Lima
Sambal cumi balado bakal menggugah selera makan Anda. / Foto: Twitter @hermawan_devina
A A A
JAKARTA - Di balik rasanya yang enak, cumi-cumi mengandung banyak manfaat, mulai dari vitamin sampai mineral yang penting untuk tubuh. Cumi juga mudah diolah menjadi berbagai masakan yang menggugah selera, seperti halnya sambal cumi balado.

(Baca juga: Resep Mudah yang Jadi Favorit: Tumis Ayam Brokoli )

Kali ini, Chef Devina Hermawan membuat sambal cumi balado menggunakan cumi asin. Tekstur kenyal dan empuk dari cumi dipadukan dengan pedas dan gurih dari sambal balado dapat menggoyang lidah. Masakan ini cocok banget untuk pecinta pedas.

Tertarik untuk mencobanya? Berikut resep membuat sambal cumi balado seperti dikutip dari channel YouTube Devina Hermawan.

Bahan-bahan:

300 gr cumi asin
5 lembar daun jeruk
1 batang serai
2 lembar daun salam
5 siung bawang putih
10 siung bawang merah
50 ml minyak
2 buah terasi
30 cabai rawit
8 cabai merah besar
1 sdt garam
2 sdt gula
1 sdt penyedap
1 buah jeruk limau

(Baca juga: Resep Bakso Ikan Kuah Laksa, Beda dari Bakso Biasa )

Cara membuatnya:

1. Rendam cumi dengan air panas, tiriskan. Potong-potong cumi sesuai selera, cuci hingga bersih. Panaskan sedikit minyak, tumis cumi dan tutup penggorengan agar cumi tidak meletup-letup. Masak hingga berubah warna, angkat dan tiriskan.

2. Untuk bumbu halus, blender bawang merah, bawang putih, dan minyak hingga halus. Untuk bumbu cincang, masukkan cabai merah, cabai rawit, dan terasi ke dalam food processor. Cincang hingga halus. Panaskan pan bekas cumi.

3. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, dan daun salam hingga wangi. Masukkan bumbu cincang dan tumis lagi hingga wangi dengan api sedang. Bumbui dengan garam, gula, penyedap, dan jeruk limau. Aduk rata. Angkat dan sajikan.

4. Sambal cumi dapat disimpan hingga 1 minggu dengan dimasukkan ke dalam toples yang sudah disteril ataupun plastik vacum.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)