Upaya Desainer Indonesia Lestarikan Kebaya Lewat Busana Kekinian

Rabu, 16 Agustus 2023 - 04:30 WIB
loading...
Upaya Desainer Indonesia Lestarikan Kebaya Lewat Busana Kekinian
Para desainer Indonesia terus melestarikan kebaya lewat busana kekinian. Kebaya kini hadir lebih modern dan dapat digunakan oleh semua kalangan sehari-hari. Foto/tangkapan layar kanal YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Para desainer Indonesia terus melestarikan kebaya lewat busana kekinian. Melalui karya-karya tersebut, kebaya kini hadir lebih modern dan dapat digunakan oleh semua kalangan untuk dikenakan sehari-hari.

Ketua Timnas Berkebaya Lana T Koentjoro mengatakan, adanya modifikasi kebaya ini membuat anak-anak muda semakin tertarik untuk memakainya.

"Sekarang ini sudah banyak kegiatan yang mengenakan kebaya, baik itu pergi ke kampus, itu kan top ya atasannya. Bisa juga dipadupadankan dengan berbagai macam," kata Lana dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo pada Selasa, 15 Agustus 2023.

Lahirnya kebaya kekinian ini, dijelaskan Lana, tidak terlepas dari tangan-tangan kreatif para desainer muda. Mereka menyulap kebaya yang tadinya dirasa terlalu formal, kini semakin modis dan bisa dipadupadankan.



Selain itu, lanjut Lana, sekarang memakai kebaya tidak harus selalu di tempat-tempat resmi. Kini menjadi semakin santai, dan membuat siapapun nyaman memakainya.

"Jadi sekarang itu sudah banyak sekali desainer-desainer yang dikhususkan untuk anak-anak muda sekarang. Kalau zaman dulu kan kebaya itu identik dengan ibu-ibu. Kalau sekarang kan bagaimana penggunaannya," jelasnya.

"Sehingga anak-anak muda juga bisa dikenakan untuk sehari-hari," tambahnya.

Lana mengungkapkan, bahwa ia dan rekan-rekan lainnya sempat membuat kampanye bertajuk Selasa Berkebaya. Di mana bertujuan agar kebaya semakin dilestarikan, seperti halnya batik dipakai setiap hari Jumat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)