5 Gejala Gula Darah Tinggi yang Muncul saat Buang Air Besar

Senin, 14 Agustus 2023 - 06:30 WIB
loading...
5 Gejala Gula Darah Tinggi yang Muncul saat Buang Air Besar
Gejala gula darah tinggi bisa muncul saat buang air besar. Gejala awal kondisi ini bisa mempengaruhi berbagai fungsi tubuh, termasuk kebiasaan buang air besar. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala gula darah tinggi bisa muncul saat buang air besar. Gejala awal kondisi ini bisa mempengaruhi berbagai fungsi tubuh, termasuk kebiasaan buang air besar .

Gula darah tinggi yang sering atau berkelanjutan dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, pembuluh darah, dan organ. Ini juga dapat menyebabkan kondisi serius lainnya.

Biasanya gula darah tinggi disebabkan karena melupakan insulin atau obat penurun glokosa oral, makan terlalu banyak karbohidrat, infeksi, sakit, berada di bawah tekanan, tidak aktif atau kurang olahraga, aktivitas fisik yang berat.

Gejala Gula Darah Tinggi yang Muncul saat Buang Air Besar



Berikut gejala gula darah tinggi yang muncul saat buang air besar dilansir dari Express, Senin (14/8/2023).



1. Sering Buang Air Kecil


Menurut dokter, salah satu gejala gula darah tinggi yang paling umum adalah sering buang air kecil, juga dikenal sebagai poliuria. Saat kadar gula darah tinggi, ginjal bekerja membuang kelebihan gula dari aliran darah.

"Hal ini menyebabkan peningkatan produksi urine, menyebabkan penderita diabetes harus lebih sering ke kamar mandi," kata Direktur Medis di Pall Mall Medical Dr Chun Tang.

2. Sulit Buang Air Kecil


Meskipun Anda mungkin merasa perlu ke toilet setiap saat, gula darah tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan saraf. Sehingga membuat Anda kesulitan buang air kecil.

Dokter menjelaskan bahwa ketika saraf yang mengontrol fungsi kandung kemih terganggu, dapat menyebabkan kesulitan memulai atau menghentikan aliran urine. Sehingga aliran urine tidak terkendali atau inkontinensia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)