Sate Maranggi, Bisa Jadi Menu Pilihan Spesial Idul Adha

Kamis, 30 Juli 2020 - 13:07 WIB
loading...
Sate Maranggi, Bisa Jadi Menu Pilihan Spesial Idul Adha
Sate menjadi menu paling umum di momen Idul Adha. Membuatnya pun sederhana. Tapi, jika ingin membuat sate yang berbeda, Anda bisa membuat Sate Maranggi. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sate menjadi salah satu menu paling umum di momen Idul Adha. Membuatnya pun sederhana, tinggal tusuk daging yang sudah dipotong, kemudian di bakar dan disajikan dengan bumbu kecap.

Tapi, jika Anda ingin membuat sate yang berbeda dari biasanya, Anda bisa membuat Sate Maranggi . Kuliner yang satu ini banyak dijumpai di daerah Purwakarta. Hidangan khas Sunda ini terbuat dari daging sapi yang dipotong-potong dan dibalur dengan bumbu bakar khusus yang menghasilkan cita rasa nikmat dari daging yang dibakar dan bumbu.

Masakan ini juga bisa menjadi hidangan yang wajib dicoba saat Idul Adha. Cara membuatnya mudah dan dijamin empuk dan tanpa perlu pengepuk. Penasaran dengan rasanya? Berikut resep membuat sate maranggi seperti dikutip channel YouTube Devina Hermawan. (Baca juga: Tetelan Bumbu Kecap, Bisa Jadi Inspirasi Masakan Idul Adha ).

Bahan-bahan:
300 gr daging has dalam

Bumbu halus:
6 siung bawang putih
10 siung bawang merah
3 cm lengkuas, iris
2 sdt ketumbar, sangrai
3 sdm air asam jawa
4 sdm kecap
1 sdm gula merah
1 sdt garam
1 sdt merica
½ sdt kaldu jamur

Bahan sambal tomat:
2 buah tomat
5 cabai rawit merah
15 cabai rawit hijau
1 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2 buah jeruk limau
½ sdt garam
1 sdt gula

Cara membuat:
Iris daging memanjang kurang lebih selebar jari, dengan arah memotong serat. Blender semua bumbu halus hingga benar-benar halus, tuang ke dalam daging, aduk rata dan marinasi daging minimal 1-2 jam.

Setelah dua jam, tusuk daging menggunakan tusuk sate yang sudah direndam terlebih dahulu, tusuk daging dengan arah zig-zag.

Panaskan griller, oles dengan sedikit minyak atau lemak sapi, panggang kedua sisi sate sambil sesekali dioles dengan sisa bumbu halus, panggang sate dengan tingkat kematangan sesuai selera. Untuk sambal tomat, ulek bawang putih dan garam hingga halus.

Tambahkan cabai rawit merah dan hijau ulek hingga halus, masukkan irisan tomat bumbui dengan gula, beri perasan jeruk limau. Aduk rata. Sajikan sate maranggi dengan sambal tomat, irisan bawang merah, jeruk limau, dan kecap manis. Sate maranggi siap disajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)