Menurunkan Asam Urat dengan Minum Air Putih, Segini Takaran yang Harus Dikonsumsi

Rabu, 16 Agustus 2023 - 17:20 WIB
loading...
Menurunkan Asam Urat dengan Minum Air Putih, Segini Takaran yang Harus Dikonsumsi
Air putih memiliki banyak manfaat, termasuk mengobati asam urat. Selama serangan asam urat, sendi yang terkena menjadi bengkak, hangat saat disentuh. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Air putih memiliki banyak manfaat, termasuk mengobati asam urat . Selama serangan asam urat, sendi yang terkena menjadi bengkak, hangat saat disentuh, dan tampak sangat merah.

Air putih dapat membantu mengeluarkan kristal asam urat yang menyebabkan asam urat keluar dari sistem tubuh. Pasien yang terhidrasi dengan baik harus minum cukup untuk buang air kecil setiap dua hingga tiga jam.

Dilansir dari China CDC, Rabu (16/8/2023) pasien asam urat disarankan untuk minum 2000-3000 ml air setiap hari. Asupan air putih harus diberi jarak dan dilakukan secara konsisten sepanjang hari.

Dua pertiga asam urat dalam tubuh manusia diekskresikan melalui ginjal. Jadi, minum lebih banyak air dapat membantu menjaga nilai pH urine pada 6,3 - 6,8, yang dapat membuat asam urat mudah dikeluarkan dan mengurangi pembentukan kristal asam urat.



Minum lebih banyak air putih juga dapat mengurangi frekuensi serangan asam urat akut dan derajat nyeri. Karena itu, Anda juga bisa minum lebih banyak air selama serangan asam urat akut.

Minum delapan gelas air putih sehari sangat penting bagi penderita asam urat karena lebih banyak air diperlukan untuk mengurangi pembengkakan yang terkait dengan kondisi tersebut. Air melumasi sendi, mencegah gejala lebih lanjut, dan mengeluarkan asam urat dari tubuh, mencegah pembentukan kristal.

Dilansir dari Medicinet, peserta dalam survei online yang mengatakan bahwa mereka minum delapan gelas air sehari mengalami penurunan serangan asam urat sebesar 48 persen, dibandingkan dengan individu yang melaporkan minum satu gelas air atau kurang sehari.

“Kami berpikir bahwa air putih merupakan cara yang sederhana, aman, dan efektif untuk mencegah serangan asam urat berulang," kata Tuhina Neogi, MD., PhD, asisten profesor kedokteran di Boston University School of Medicine.



“Secara keseluruhan, tampaknya peserta yang minum dua sampai empat gelas air putih sehari cenderung mengurangi risiko serangan asam urat sebesar 18 persen, yang tidak signifikan dibandingkan dengan tingkat konsumsi air terendah,” jelasnya.

Mereka yang minum lima hingga delapan gelas air sehari mencapai penurunan serangan asam urat 43 persen, dan minum lebih dari delapan gelas air sehari mencapai pengurangan serangan asam urat 48 persen. "Sederhananya, peningkatan konsumsi air dikaitkan dengan penurunan serangan asam urat," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2832 seconds (0.1#10.140)