5 Gejala Gula Darah Tinggi yang Muncul saat Buang Air Kecil, Kenali Tandanya

Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:42 WIB
loading...
5 Gejala Gula Darah Tinggi yang Muncul saat Buang Air Kecil, Kenali Tandanya
Gejala gula darah tinggi saat buang air kecil perlu diwaspadai. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala gula darah tinggi saat buang air kecil perlu Anda waspadai. Saat gula darah tinggi, organ tubuh seperti ginjal dan saluran kemih berpengaruh pada frekuensi dan volume buang air kecil.

Gula darah tinggi atau diabetes, terutama diabetes tipe 2, adalah kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Salah satu gejala yang sering terjadi pada penderita diabetes adalah perubahan dalam pola buang air kecil.

Berikut gejala gula darah tinggi yang muncul saat buang air kecil

Gejala Gula Darah Tinggi yang Muncul Saat Buang Air Kecil

1. Buang Air Kecil Lebih Sering


Salah satu gejala yang umum gula darah tinggi adalah poliuria, yaitu kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Ini terjadi karena kadar gula yang tinggi dalam darah dapat menarik air dari jaringan tubuh dan menyebabkan ginjal untuk menghasilkan lebih banyak urine.



Penderita diabetes sering merasakan keinginan untuk buang air kecil, terutama pada malam hari (nocturia) yang dapat mengganggu tidur.

2. Nyeri atau Ketidaknyamanan saat Buang Air Kecil


Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Ini bisa menyebabkan disuria atau rasa nyeri saat buang air kecil.

Bakteri menyukai lingkungan dengan tingkat glukosa yang tinggi, sehingga infeksi saluran kemih menjadi lebih umum pada penderita diabetes. Keadaan ini juga bisa disebabkan oleh iritasi pada saluran kemih akibat peningkatan volume urine yang dihasilkan.

3. Kehilangan Kontrol Buang Air Kecil


Pada tahap lanjut diabetes atau ketika gula darah tidak terkontrol dengan baik, penderita dapat mengalami inkontinensia atau kehilangan kontrol atas buang air kecil.

Kandung kemih dapat menjadi lemah karena kerusakan saraf atau karena tekanan yang berlebihan akibat urine yang terakumulasi. Hal ini bisa menyebabkan kebocoran urine yang tidak terkendali saat batuk, tertawa, atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

4. Urin Berwarna Keruh


Urin dengan kadar gula darah tinggi, seperti pada kondisi diabetes, bisa memiliki warna yang lebih cerah atau lebih pekat dari biasanya.

Warna urin ini bisa bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti tingkat hidrasi, makanan yang dikonsumsi, dan kesehatan umum. Namun, warna urin yang paling sering dikaitkan dengan kadar gula darah tinggi adalah urin berwarna lebih pekat atau cenderung keruh.

5. Urin Berbau Manis


Selain warna yang keruh, urine juga mungkin akan berbau manis atau seperti buah. Urin penderita diabetes yang mengandung glukosa dapat memberikan aroma yang tidak biasa, dan ini bisa terasa manis.

Selain itu penderita diabetes tipe 1 yang tidak terkontrol dengan baik dapat mengalami kondisi yang disebut ketoasidosis.

Kondisi ini di mana tubuh menghasilkan keton dari pemecahan lemak sebagai sumber energi alternatif. Keton ini dapat diekskresikan dalam urin, mengakibatkan bau yang khas pada urin.

Itulah 5 gejala gula darah tinggi yang muncul saat buang air kecil. Semoga informasi ini bermanfaat.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)