4 Tips Atasi Stres di Tempat Kerja, Simak Selengkapnya!

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 13:03 WIB
loading...
4 Tips Atasi Stres di Tempat Kerja, Simak Selengkapnya!
Menjalankan rutinitas pekerjaan sehari-hari serta menghadapi tuntutan pekerjaan tentunya berpotensi menimbulkan perasaan stres. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Menjalankan rutinitas pekerjaan sehari-hari serta menghadapi tuntutan pekerjaan tentunya berpotensi menimbulkan perasaan stres. Stres kerja kerap kali muncul karena tidak terjaga keseimbangan antara tuntutan pekerjaan dengan momen penyegaran.

Mungkin tidak disadari, cara yang seringkali efektif untuk meredakan stres kerja adalah dengan melakukan tindakan-tindakan sederhana seperti yang berikut ini.

1. Olahraga

Penting untuk dipahami bahwa saat olahraga, tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin, yang mana suatu jenis hormon yang memiliki peran krusial dalam mengurangi perasaan cemas, kekhawatiran, dan tekanan pada individu, sehingga berkontribusi dalam mengatasi stres. Di sisi lain, perasaan kepuasan yang timbul ketika melakukan olahraga juga mampu membawa pengaruh positif dan rasa bahagia ketika bekerja.



2. Berkumpul Bersama Keluarga


Berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga, terutama berbicara secara tatap muka untuk bercerita (curhat) akan penyebab stres, secara signifikan dapat mengurangi terjadinya depresi, kecemasan, dan keresahan lainnya. Kehadiran keluarga, ini akan mendukung emosional dan mental Anda.

3. Berhenti menjadi “Yes Man” di tempat kerja

Sebagai informasi, yes man adalah suatu karakter seseorang yang selalu meng-iya-kan, memenuhi, dan mengikuti berbagai permintaan serta perintah dari atasan atau rekan kerja. Jika terlalu sering mengerjakan pekerjaan yang di luar kapasitas Anda, baik dari rekan kerja maupun atasan, akan membuat Anda mengalami stres. Anda harus mulai berhenti memenuhi pekerjaan yang belum tentu bisa dikerjakan sendirian.

4. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Mempunyai waktu istirahat yang cukup memiliki potensi untuk mengurangi perasaan cemas dan mengolah stres. Bayangkan situasi di mana Anda sudah merasa tegang karena pekerjaan, lalu ditambah dengan kurangnya tidur. Keadaan semacam ini berpotensi membuat tubuh Anda harus bekerja lebih keras. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup tidur dan istirahat, terutama ketika sedang menghadapi jadwal pekerjaan yang padat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)