7 Rekomendasi Makanan Penurun Tekanan Darah untuk Usia 30an, Salah Satunya Bawang Putih

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 18:03 WIB
loading...
7 Rekomendasi Makanan Penurun Tekanan Darah untuk Usia 30an, Salah Satunya Bawang Putih
Tekanan darah menjadi perhatian serius yang terus berkembang saat ini, khususnya di kalangan remaja. Ini karena gaya hidup para remaja yang tidak banyak bergerak. Foto/ India.com.
A A A
JAKARTA - Tekanan darah menjadi perhatian serius yang terus berkembang saat ini, khususnya di kalangan remaja. Ini karena gaya hidup para remaja yang tidak banyak bergerak.

Masalah kesehatan yang dulunya dianggap sebagai masalah usia, saat ini telah menjadi masalah umum, termasuk di kalangan remaja.



Ahli gizi selebriti Anjali Mukherjee mengatakan banyak orang yang secara tidak sengaja mengetahui bahwa mereka menderita tekanan darah tinggi , di mana tekanan darah 120/80 dianggap normal, sedangkan pembacaan 140/90 dianggap pra-hipertensi, dan di atas 140/90 hipertensi.

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki diet natrium tinggi cenderung memiliki tekanan darah tinggi. Orang yang kelebihan berat badan atau diabetes juga rentan terhadapnya. Individu yang merokok dan minum berlebihan cenderung memiliki tekanan darah tinggi.

Lalu, bagaimana mengatasinya? Dilansir India.com pada Kamis (17/8/2023) berikut cara makanan yang dapat mengatasi hipertensi.

1. Jus rumput gandum

Jus rumput gandum terbukti menjadi obat mujarab bagi mereka yang menderita hipertensi karena merupakan sumber magnesium dan potasium.

Mineral-mineral ini menurunkan tekanan darah dan kekurangan sebenarnya dapat meningkatkannya. Selain itu, jus rumput gandum akan membersihkan dan menutrisi tubuh serta memberikan keajaiban pada sistem kekebalan tubuh.

2. Tingkatkan Kalium

Kalium sangat penting untuk berfungsinya semua sel tubuh. Asupan natrium yang tinggi menyebabkan retensi air dalam tubuh. Asupan kalium yang rendah dan asupan natrium yang tinggi menyebabkan tekanan tambahan pada dinding arteri yang menyebabkan tekanan darah tinggi.
3. Susu Skim
Susu krim adalah sumber kalsium dan vitamin D yang baik, yang membantu menurunkan tekanan darah, juga kaya akan potasium menjadikannya makanan penurun tekanan darah yang baik.

4. Sayuran

Tingkatkan sayuran dalam makanan karena merupakan cara terbaik untuk hipertensi. Seledri, tomat, sayuran silangan, sayuran berdaun bagus untuk ditambahkan dalam makanan.

5. Air Kelapa

Air kelapa kaya akan elektrolit, termasuk potasium. Telah terbukti secara signifikan menurunkan tekanan darah yang meminumnya secara teratur.

6. Bawang putih

Bawang putih bertindak sebagai vasodilator. Ini melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Bawang putih juga mengandung adenosin senyawa yang meningkatkan vasodilatasi dan merupakan pelemas otot. Hanya tiga bulan mengkonsumsi dua siung bawang putih mentah cincang perut kosong telah diketahui bermanfaat untuk hipertensi.


7. Yogurt

Hanya satu cangkir yogurt sehari dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena tekanan darah tinggi dan kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium dan potasium.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)