Bolehkah Penderita Gula Darah Tinggi dan Kolesterol Mengonsumsi Keju?

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:57 WIB
loading...
Bolehkah Penderita Gula Darah Tinggi dan Kolesterol Mengonsumsi Keju?
Penderita gula darah tinggi dan kolesterol harus memperhatikan kandungan setiap makanan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Penderita gula darah tinggi dan kolesterol harus memperhatikan kandungan setiap makanan. Sebab, jika makan sembarangan bisa memicu penyakit seperti diabetes dan jantung.

Salah satunya adalah keju. Pada dasarnya, keju yang terbuat dari fermentasi susu ini menghasilkan asam laktat yang menggumpal dan membentuk kasein dengan menjebak lemak ke dalamnya. Selain itu, keju juga mengandung sembilan asam amino yang tidak diproduksi oleh tubuh.

Dilansir dari laman Nutrisense, ada sekitar 1.400 jenis keju. Varietas itu tergantung pada jenis susu, tingkat kematangan, proses penggumpalan susu dan lain sebagainya.

Setiap jenis keju memiliki kandung yang berbeda-beda. Hal ini yang membuat tidak semua jenis keju dapat dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar gula darah dan kolesterol tinggi.

Keju untuk Penderita Gula Darah Tinggi


Dalam keju, terdapat dua kandungan protein yakni kasein dan protein whey. Protein whey ini dapat merangsang sekresi insulin dan mencegah kenaikan kadar glukosa darah.



Terlebih, sebagian besar keju memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dan memungkinkannya memiliki indeks glikemik rendah. Indeks ini nantinya berpengaruh pada gula darah.

Dengan indeks glikemik yang rendah ini tidak membuat kadar gula darah meningkat drastis, sehingga aman untuk dikonsumsi. Namun, bila keju dikonsumsi secara berlebihan, maka akan dapat memengaruhi sensitivitas insulin dan berdampak pada peningkatan risiko diabetes.

Keju untuk Penderita Kolesterol


Penderita kolesterol tinggi juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi olahan susu ini. Keju pada umumnya memiliki kandungan asam lemak jenuh tinggi.

Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Kebanyakan orang harus mengatur konsumsinya dengan 18 gram lemak jenuh per hari, atau 7% dari asupan konsumsi harian.



Salah satu keju yang punya kandungan kolesterol yang rendah adalah mozzarella. Jenis mozzarella memiliki kandungan 18 mg cholesterol per ons, dan 2,9 gram lemak jenuh per ons.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)