Bahaya Polusi Udara pada Anak-Anak, Bisa Memperpendek Usia

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 21:03 WIB
loading...
Bahaya Polusi Udara pada Anak-Anak, Bisa Memperpendek Usia
Polusi udara yang buruk di Jakarta tidak saja dirasakan orang dewasa, juga anak-anak. Lalu, apa dampaknya? Foto/ilustrasi.
A A A
JAKARTA - Polusi udara yang buruk di Jakarta tidak saja dirasakan orang dewasa, juga anak-anak. Lalu, apa dampaknya?

Dilansir laman Kementerian Kesehatan RI pada Jumat (18/8/2023), polusi udara diprediksi dapat memperpendek usia orang yang dilahirkan hari ini dengan rata-rata 20 bulan.



Bahkan, anak-anak di kawasan Asia Selatan menjadi korban terparah yang terimbas paparan polutan.

Laporan State of Global Air (SOGA) yang diterbitkan oleh Health Effects Institute di Amerika dan Universitas British Columbia di Kanada pada 2019 lalu bahkan mengatakan, polusi udara adalah penyebab ke-5 paling besar yang memperpendek usia manusia.

Mengutip AFP, laporan itu memprediksi pemangkasan angka harapan hidup anak-anak di negara dengan paparan polusi udara yang masif.

Nah, polusi udara bagi anak-anak ternyata juga bisa berisiko merusak perkembangan organ dan saluran pernapasannya. Pasalnya, paru-paru dan saluran pernapasan anak masih berkembang.

Terlebih, bagi anak-anak yang memilki riwayat alergi dan asma, paparan polusi udara juga bisa meningkatkan risiko kambuhnya penyakit tersebut.

Bahkan, risiko peningkatan bronkitis dan infeksi pada saluran napas juga bisa terjadi pada anak-anak akibat paparan polusi udara yang terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, anak-anak juga memiliki tingkat pernapasan yang lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)