Desainer Mel Ahyar Hiasi Warisan Budaya Indonesia, Kenalkan Keindahan Tenun Lombok dan NTT

Minggu, 20 Agustus 2023 - 18:12 WIB
loading...
A A A
Mel Ahyar lantas memperlihatkan outfit yang dikenakanannya untuk menjelaskan penerapan motif dan pewarna alam dalam tenun khas Indonesia Timur.

“Dan juga warna-warnya banyak warna alam. Dan juga motif yang bercorak seperti ini, seperti motif ikan, tapi geometris,” ungkapnya.

Karakter selanjutnya yang menurutnya ada pada tenun khas Indonesia Timur adalah bahan-bahannya yang cenderung kaku. Sehingga, menciptakan sebuah karya busana dari kain tenun Indonesia terbilang sulit.

“Selain warna-warna alam juga Indonesia Timur itu karakter bahannya itu rata-rata kaku ya. Awalnya mungkin karena dari Indonesia Timur karena dia bahannya kaku banget memang layaknya itu dipake sebagai bawahan, rok, atau dipakai sebagai kemben gitu,” paparnya.

“Dan itu yang lumayan membedakan tenunnya daripada tenun-tenun yang ada di Sumatera sama di Jawa yang mostly menggunakan sutera,” ucap dia lagi.

Meski begitu, karena masyarakat sekarang yang cenderung lebih ‘melek’ fashion membuat kepopuleran dari kain Indonesia Timur semakin meningkat.

Tak lagi sekadar digunakan sebagai kain bawahan, namun kini juga banyak dijadikan outer hingga padu-padan dalam sebuah outfit.

“Cuma nowdays, karena banyak anak-anak muda, atau orang-orang ibu kota yang pengen banget pakai kain dari Indonesia Timur, tetep bisa digunakan sebagai outer. Karena kain kan kita nggak setiap hari pakai, jadi karena ingin dipakai sehari-hari jadinya dibikin dengan desain-desain yang lebih simpel dan lebih easy to wear,” katanya.

Dia berharap, adanya acara tematik seperti WBI ini bisa lebih mengenalkan kain-kain dari Indonesia Timur yang tidak kalah indah dan unik dari kain-kain daerah lainnya.

“WBI berharap, tematik-tematik asal dari kain, seperti hari ini, orang-orang jadi lebih curious lagi dengan kain-kain dari Indonesia Timur itu karakternya seperti apa. Jadi, nggak cuma kenal batik atau kain -kain ikat yang dari Jawa, Sumatera, tapi juga kain-kain tenun yang karakternya kuat banget, biar Indonesia Timur juga jadi mendapatkan highlight dan mendapat hati pecinta fashion,” tutur dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)