Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan, Menurunkan Kolesterol hingga Gula Darah

Minggu, 20 Agustus 2023 - 20:09 WIB
loading...
Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan, Menurunkan Kolesterol hingga Gula Darah
Manfaat daun Afrika untuk kesehatan cukup banyak. Tanaman herbal Afrika ini bisa mengatasi kolesterol, juga menurunkan gula darah. Foto/ southernafrican.
A A A
JAKARTA - Manfaat daun Afrika untuk kesehatan cukup banyak. Tanaman herbal Afrika ini mempunyai beragam khasiat kesehatan. Selain mengobati masalah pencernaan akibat infeksi parasit dan kolesterol , juga bisa menurunkan gula darah .

Di Indonesia, daun Afrika memang masih jarang ditemui. Namun, tanaman ini cukup manjur. Daun yang mempunyai nama latin Vernonia Amygdalina ini mempunyai kadar antioksidan cukup tinggi.


Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Dilansir dari berbagai sumber pada Minggu (20/8/2023), berikut manfaat daun Afrika untuk kesehatan.

1. Membantu pengobatan kanker payudara

Ekstrak daun Afrika dipercaya mampu menurunkan kadar estrogen berlebih dalam darah yang terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara. Itu sebabnya daun Afrika dipercaya membantu mengurangi risiko kanker payudara.

2. Menurunkan gula darah

Tidak hanya menghambat sel kanker, beberapa riset menyebut bahwa daun Afrika dapat memelihara fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin dan menjaga efektivitas kinerja hormon, sehingga menjadikan daun tersebut mempunyai efek yang baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan penyakit diabetes tipe 2.

3. Mencegah penyakit jantung

Daun Afrika mengandung asam linolenat (Omega 3) dan asam linoleat (Omega 6) yang sangat penting bagi tubuh, tetapi tidak diproduksi di dalam tubuh. Berdasarkan studi American Journal of Clinical Nutrition, asupan omega-3 dan omega-6 dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Studi lainnya pada 2009 ditemukan dalam jurnal Current Pharmaceutical Design melaporkan bahwa kedua asam lemak ini telah terbukti melindungi dari penyakit jantung koroner, serangan jantung mendadak, gagal jantung, gangguan pembekuan darah, mengurangi Risiko aterosklerosis, dan anti-inflamasi (untuk melawan cedera, iritasi atau infeksi).

Dengan kata lain, asam lemak Omega 3 yang terdapat pada daun tersebut dipercaya mampu mengendalikan rematik dan memberikan perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif.

4. Meredakan gejala demam malaria

Daun Afrika bisa meredakan gejala demam pada malaria, bahkan dalam uji klinis di Afrika, jus daun Afrika segar terbukti 67% efektif dalam menghilangkan demam ringan dan malaria.


5. Menurunkan kolesterol

Berbagai kandungan yang terdapat pada daun Afrika membuat penderita kolesterol dapat mengurangi pembentukan kolestrol jahat dalam tubuhnya. Karena dalam daun Afrika meningkatkan kadar kolesterol yang baik, sehingga hal tersebut dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Namun, belum ada penelitian yang menunjukkan manfaat daun Afrika untuk menurunkan kolesterol pada manusia. Jadi, apabila ingin mengkonsumsi daun tersebut, alangkah baiknya di konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai manfaat daun Afrika dan kondisi kesehatan yang sedang dialami.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)