5 Cara Merawat Rambut dari Polusi Udara, Waspadai Penggunaan Alat Mekanis

Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:09 WIB
loading...
5 Cara Merawat Rambut...
Polusi udara bukan hanya berbahaya untuk pernapasan, juga untuk rambut. Jika rambut terpapar polusi, bisa menyebabkan rambut kering, bercabang hingga rontok. Foto/ bebeautiful.in.
A A A
JAKARTA - Polusi udara bukan hanya berbahaya untuk pernapasan, juga untuk rambut . Jika rambut terpapar polusi, bisa menyebabkan rambut kering, bercabang hingga rontok.

Namun, bukan berarti hal ini menjadi hambatan untuk ke luar rumah. Pasalnya, ada beberapa cara mengatasi masalah rambut .



Mengutip Hindustan Times Selasa (22/8/2023), berikut lima cara merawat rambut agar tetap sehat di tengah polusi udara.

Tips Merawat Rambut

1. Cuci rambut setiap hari

Polusi udara akan menempel pada rambut bagian luar (kutikula). Untuk itu, dianjurkan agar mencuci rambut setiap hari agar kotoran yang ada di rambut hilang.

Selain itu, mencuci rambut setiap hari bisa menghilangkan gatal dan ketombe.

Untuk mencuci rambut setiap hari, pilihlah sampo ringan dan bebas sulfat. Jangan lupa untuk menghidrasi kembali rambut menggunakan kondisioner dari pertengahan hingga ujung rambut.

2. Gunakan penutup kepala

Hal paling utama untuk melindungi rambut dari polusi, yakni dengan memakai penutup kepala saat ke luar rumah. Cara ini menghindari kontak langsung polusi udara dan debu ke rambut. Dalam hal ini, kamu dapat menutupi kepala dengan menggunakan rambut atau selendang.

3. Berhenti menggunakan alat mekanis

Rambut yang terkena polusi yang buruk rentan terhadap kerusakan, kerapuhan, dan ujung bercabang. Jadi, menggunakan alat mekanis, seperti pelurus, penjepit keriting atau pengering rambut dapat meningkatkan kerusakan pada rambut.

Untuk itu, di tengah polusi yang buruk ini kurangi penggunaan alat mekanis pada rambut. Hal ini untuk menjaga kesehatan rambut.

4. Serum rambut

Menggunakan serum rambut secara teratur setiap hari juga merupakan salah satu cara untuk membuat rambut tetap sehat di tengah polusi udara yang buruk.

Gunakanlah serum rambut saat rambut masih basah. Ini adalah waktu yang ideal. Kemudian, gunakan sebanyak 1-2 tetes serum untuk rambut rambut panjang dan sedang.

Selanjutnya, gosokkan serum di antara telapak tangan dengan lalu oleskan ke rambut. Hati-hati agar tidak mengoleskan serum dalam jumlah berlebihan agar rambut tidak berminyak dan lepek.


5. Deep conditioner atau spa

Disarankan untuk melakukan deep conditioning atau perawatan spa reguler seminggu sekali untuk membantu memperbaiki kerusakan dan rehidrasi rambut yang terkena polusi udara. Deep conditioning atau perawatan spa dapat membantu menjaga kelembaban yang hilang dan minyak kulit kepala alami.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2551 seconds (0.1#10.140)