Bolehkah Penderita Penyakit Ginjal Minum Air Kelapa? Ini Kondisi yang Harus Dihindari

Rabu, 23 Agustus 2023 - 09:05 WIB
loading...
Bolehkah Penderita Penyakit Ginjal Minum Air Kelapa? Ini Kondisi yang Harus Dihindari
Air kelapa mengandung kalium tinggi sehingga harus diperhatikan penderita penyakit ginjal. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Air kelapa diketahui memiliki kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Namun, apakah kandungan tersebut juga baik bagi seseorang yang menderita penyakit ginjal ? Hal ini tentunya harus dilihat secara menyeluruh.

Selain punya kandungan anti inflamasi dan antioksidan, air kelapa juga memiliki kandungan kalium, natrium, dan magnesium yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, termasuk dalam ginjal.

Meskipun air kelapa memiliki manfaat yang mungkin baik untuk kesehatan ginjal, penting untuk tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengonsumsinya.

Hal ini karena pada dasarnya penyakit ginjal ini memiliki beragam bentuk, seperti infeksi ginjal, batu ginjal, gagal ginjal akut, dan lain sebagainya.

Penderita Penyakit Ginjal yang Boleh dan Tidak Boleh Mengonsumsi Air Kelapa

Untuk kondisi penyakit ginjal seperti infeksi ginjal dan batu ginjal ini terbilang masih aman untuk mengonsumsi air kelapa muda.

Hal tersebut dijelaskan dalam jurnal "Pengaruh Air Kelapa Muda Terhadap Fungsi Ginjal" yang melakukan penelitian tentang keterkaitan pemberian air kelapa muda terhadap kesehatan ginjal pada kelompok tikus.



Dalam penelitian tersebut, kelompok tikus yang mendapatkan air kelapa muda secara signifikan memiliki mean reum, kreatinin, dan asam urat yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak menerima air kelapa muda.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa air kelapa memiliki efek nefroprotektif atau senyawa yang memiliki kemampuan melindungi ginjal dari gangguan ginjal yang disebabkan oleh radikal bebas. Sehingga membuat air kelapa aman untuk dikonsumsi, terlebih untuk tujuan membangun kesehatan ginjal.

Namun, untuk para penderita penyakit ginjal seperti gagal ginjal akut atau bahkan kronis sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi air ini. Berbahayanya air kelapa untuk gagal ginjal ini dijelaskan oleh seorang tenaga medis di Kota Bukittinggi, dr.Yunita, Sp.PD.

Disebutkan bahwa seorang penderita gagal ginjal yang baru saja cuci darah sebaiknya tidak mengonsumsi air kelapa muda. Hal tersebut dikarenakan kalium yang tinggi tidak baik untuk kesehatan ginjal.

Inilah yang membuat penderita penyakit ginjal bisa saja aman mengonsumsi air kelapa muda, dan bisa juga tidak.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3273 seconds (0.1#10.140)