5 Cara Mengatasi Lonjakan Gula Darah Sebelum dan Sesudah Makan Siang

Kamis, 24 Agustus 2023 - 11:36 WIB
loading...
5 Cara Mengatasi Lonjakan Gula Darah Sebelum dan Sesudah Makan Siang
Mengelola lonjakan gula darah setelah makan siang bisa jadi suatu tantangan. Pasalnya, menjaga lonjakan gula darah merupakan bagian integral dari manajemen diabetes. Foto/ India.com.
A A A
JAKARTA - Mengelola lonjakan gula darah setelah makan siang bisa jadi suatu tantangan. Pasalnya, menjaga lonjakan gula darah merupakan bagian integral dari manajemen diabetes.

Kadar gula darah yang tinggi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan banyak komplikasi diabetes.

Selain pengobatan, membuat pilihan yang cermat dan mengikuti kebiasaan sehat dapat membantu mengelola diabetes secara efektif.



Menurut American Diabetes Association (ADA), penderita diabetes sebaiknya memeriksa kadar gula darahnya sebelum makan dan kemudian mengulanginya setelah satu atau dua jam setelah selesai makan.

Menyimpan catatan ini selama beberapa waktu dapat membantu Anda memandu makanan mana yang paling baik untuk kadar gula darah Anda.

Seseorang juga dapat berjalan beberapa langkah setelah makan karena hal itu juga dapat membantu pengelolaan gula darah setelah makan.

“Jika menyangkut penyakit seperti diabetes, sangat penting untuk memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan penderita diabetes, mengingat sifat penyakit ini. Lonjakan gula setelah makan siang dapat menjadi tantangan, memerlukan perawatan proaktif dan menjaga kestabilan gula darah. level," kata Gautam Chopra, Pendiri dan CEO BeatO dikutip dari Hindustan Times pada Kamis (24/8/2023).

Berikut ini lima perubahan gaya hidup penting yang dapat membantu mengelola lonjakan secara efektif:

1. Pilihan karbohidrat

Memilih karbohidrat yang tepat sangat penting dalam mengelola lonjakan gula pascamakan siang. Memilih karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik (GI) rendah yang dicerna dan diserap lebih lambat menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Biji-bijian utuh, polong-polongan, dan sayuran tidak bertepung adalah pilihan ideal, sedangkan biji-bijian olahan dan makanan manis harus dihindari.

2. Kontrol porsi makan

Para ahli memberikan panduan mengenai ukuran porsi yang tepat bagi penderita diabetes, memastikan bahwa makanan seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan individu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2391 seconds (0.1#10.140)