Gula Darah Tinggi pada Jam Berapa? Kenali Kondisi Dawn Phenomenon

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 10:50 WIB
loading...
Gula Darah Tinggi pada Jam Berapa? Kenali Kondisi Dawn Phenomenon
Ada waktu tertentu di mana gula darah meningkat. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Gula darah tinggi bisa terjadi pada kondisi tertentu. Hal ini tergantung dari aktivitas dan perubahan hormonal tubuh seseorang.

Namun, ada waktu tertentu di mana gula darah meningkat. Salah satu yang sering terdengar adalah Dawn Phenomenon yang kerap terjadi pada penderita diabetes. Lalu, apa itu Dawn Phenomenon? Berikut ulasannya.

Gula Darah Tinggi pada Jam Berapa?


Tingkat kadar gula darah dapat bervariasi sepanjang hari. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti makanan, aktivitas fisik, dan sensitivitas insulin.

Umumnya, ada beberapa titik waktu di mana gula darah cenderung naik, terutama setelah makan.

Kenaikan gula darah yang normal setelah makan adalah fenomena fisiologis yang dikenal sebagai "kenaikan pasca makan" atau "respons gula darah pasca makan."



Selain itu, ada kondisi yang disebut sebagai Dawn Phenomenon, yakni istilah yang mengacu pada peningkatan kadar gula darah pada pagi hari. Kondisi ini biasanya terjadi antara pukul 3 pagi hingga 8 pagi.

Ini terjadi bahkan jika seseorang tidak makan atau minum apa pun setelah makan malam. Kadar gula darah cenderung lebih rendah selama tidur karena tubuh terus memproses glukosa untuk energi.

Saat menjelang pagi hari, hormon-hormon seperti kortisol, glukagon, dan adrenalin mulai dirilis oleh tubuh untuk mempersiapkan kita untuk bangun dan aktivitas fisik.

Bagi kebanyakan orang sehat, Dawn Phenomenon biasanya tidak menjadi masalah besar karena tubuh dapat mengatasi peningkatan gula darah ini dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3564 seconds (0.1#10.140)