7 Penyakit Berbahaya Akibat Gula Darah Tinggi, Jangan Disepelekan

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 17:40 WIB
loading...
7 Penyakit Berbahaya Akibat Gula Darah Tinggi, Jangan Disepelekan
Gula darah tinggi bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya yang tidak boleh disepelekan. Kondisi ini merupakan komplikasi terkait diabetes jangka panjang. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gula darah tinggi bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya yang tidak boleh disepelekan. Kondisi ini merupakan komplikasi terkait diabetes jangka panjang jika gula darah tinggi tidak diobati.

Gula darah tinggi juga disebut hiperglikemia, menyerang penderita diabetes . Beberapa faktor dapat berperan dalam hiperglikemia pada penderita diabetes. Ini termasuk makanan dan aktivitas fisik, penyakit, dan obat-obatan yang tidak berhubungan dengan diabetes.

Melewatkan dosis atau tidak mengonsumsi cukup insulin atau obat lain untuk menurunkan gula darah juga dapat menyebabkan hiperglikemia. Penting untuk mengobati kondisi ini lantaran dapat menjadi parah dan menyebabkan masalah kesehatan serius yang memerlukan perawatan darurat.

Penyakit Berbahaya Akibat Gula Darah Tinggi



Berikut penyakit berbahaya akibat gula darah tinggi dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (26/8/2023).



7 Penyakit Berbahaya Akibat Gula Darah Tinggi, Jangan Disepelekan

Foto/Infografis SINDOnews

1. Penyakit kardiovaskular
2. Kerusakan saraf (neuropati)
3. Kerusakan ginjal (nefropati diabetik) atau gagal ginjal
4. Kerusakan pembuluh darah retina (retinopati diabetik) yang dapat menyebabkan kebutaan
5. Masalah kaki yang disebabkan oleh kerusakan saraf atau aliran darah yang buruk yang dapat menyebabkan infeksi kulit yang serius, ulserasi dan, dalam beberapa kasus yang parah, amputasi
6. Masalah tulang dan sendi
7. Infeksi gigi dan gusi

Gula darah tinggi yang berlangsung lama, meski tidak parah, dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang berdampak pada mata, ginjal, saraf, dan jantung. Sementara itu, gejala kondisi ini berkembang secara perlahan selama beberapa hari atau minggu.

Semakin lama kadar gula darah tetap tinggi, gejalanya akan semakin serius. Namun beberapa orang yang sudah lama menderita diabetes tipe 2 mungkin tidak menunjukkan gejala apapun meski kadar gula darahnya tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3549 seconds (0.1#10.140)