Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Tanpa Obat, Cukup 5 Langkah

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 16:10 WIB
loading...
Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Tanpa Obat, Cukup 5 Langkah
Cara mengontrol gula darah penderita diabetes bisa dilakukan tanpa obat. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengubah kebiasaan gaya hidup tertentu. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara mengontrol gula darah penderita diabetes bisa dilakukan tanpa obat. Penyakit ini sering kali dapat disembuhkan dengan mengubah atau menerapkan kebiasaan gaya hidup tertentu.

Kebanyakan penderita diabetes percaya bahwa satu-satunya cara untuk mengobati kondisi mereka adalah dengan pengobatan seumur hidup dan menurunkan gula darah . Namun, diabetes kondisi gaya hidup yang paling baik dikelola tanpa pengobatan rutin.

Manajemen diabetes sangat dipengaruhi oleh apa yang Anda makan untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan semua makanan kecil sepanjang hari. Pola makan ramah diabetes terdiri dari makanan rendah indeks glikemik.

Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Tanpa Obat



Berikut cara mengontrol gula darah penderita diabetes tanpa obat dilansir dari India.com, Sabtu (26/8/2023).



Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Tanpa Obat, Cukup 5 Langkah

Foto/Infografis SINDOnews

1. Diet Sehat dan Seimbang


Tidak ada diet khusus untuk diabetes. Namun, sangat penting untuk menjaga jadwal makan yang teratur, mengurangi makan makanan berserat tinggi seperti buah-buahan, sayuran tidak bertepung, dan biji-bijian, serta merencanakan makanan yang seimbang dan padat nutrisi.

2. Olahraga


Olahraga sangat penting untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, membantu mengendalikan gula darah. Sebelum memulai atau mengubah pola olahraga Anda, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan bahwa aktivitas tersebut cocok untuk Anda.

3. Penurunan Berat Badan


Tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan pengaturan gula darah yang lebih baik mengikuti penurunan berat badan. Jika Anda kelebihan berat badan, penurunan berat badan sedikit pun dapat menyebabkan karakteristik ini mulai membaik. Namun, manfaatnya bagi kesehatan meningkat seiring dengan penurunan berat badan Anda.

4. Berhenti Merokok


Perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibandingkan bukan perokok. Selain itu, penderita diabetes yang merokok memiliki risiko lebih tinggi terkena komplikasi yang signifikan. Ketika penderita diabetes berhenti merokok, kesehatan umum dan gejala diabetesnya membaik dengan cepat.



5. Periksa Gula Darah Rutin


Meteran glukosa darah, alat rumah tangga ringkas yang mendeteksi jumlah gula dalam setetes darah, sering digunakan untuk pemantauan. Catat kadar gula darah Anda dan konsultasikan ke dokter.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)