4 Manfaat Kesehatan Lengkuas, Bisa Bikin Pria Subur

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 19:10 WIB
loading...
4 Manfaat Kesehatan Lengkuas, Bisa Bikin Pria Subur
Lengkuas memiliki banyak manfaat kesehatan yang jarang diketahui banyak orang. Selain digunakan sebagai bumbu, lengkuas sering digunakan sebagai pengobatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Lengkuas memiliki banyak manfaat kesehatan yang jarang diketahui banyak orang. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, lengkuas sering digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak berabad-abad.

Lengkuas digunakan untuk memperbaiki penyakit tertentu. Ini karena diyakini dapat membantu mengobati infeksi, mengurangi peradangan, meningkatkan kesuburan pria, dan bahkan melawan berbagai jenis kanker.

Mirip jahe dan kunyit, lengkuas dapat dimakan segar atau dimasak. Rempah ini juga merupakan bahan masak populer untuk banyak hidangan Cina, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Manfaat Kesehatan Lengkuas



Berikut manfaat lengkuas untuk kesehatan dilansir dari Health Line, Sabtu (26/8/2023).



1. Melindungi dari Kanker


Lengkuas dapat membantu melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu. Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam lengkuas dapat membunuh sel kanker atau mencegahnya menyebar.

Satu studi juga menyoroti kemampuan lengkuas untuk membunuh dua jenis sel kanker usus besar manusia. Studi lain menunjukkan bahwa itu dapat melawan kanker payudara, saluran empedu, kulit, dan sel kanker hati.

2. Meningkatkan Kesuburan Pria


Bukti yang muncul menunjukkan bahwa lengkuas dapat meningkatkan kesuburan pria. Dalam satu penelitian pada hewan, jumlah sperma dan motilitas meningkat pada tikus yang diberikan ekstrak lengkuas.

Selain itu, dalam studi 3 bulan pada 66 pria dengan kualitas sperma rendah, mengonsumsi suplemen harian yang mengandung lengkuals dan ekstrak buah delima mengalami peningkatan mobilitas sperma sebesar 62 persen, dibandingkan dengan peningkatan 20 persen pada kelompok plasebo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)