6 Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Batu Ginjal, Nomor 5 Disantap Tiap Hari

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 20:10 WIB
loading...
6 Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Batu Ginjal, Nomor 5 Disantap Tiap Hari
Beberapa makanan dan minuman bisa menyebabkan batu ginjal. Makanan dan minuman tinggi gula dapat meningkatkan risiko seseorang terkena batu ginjal. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa makanan dan minuman bisa menyebabkan batu ginjal . Menurut penelitian, makanan dan minuman tinggi gula dapat meningkatkan risiko seseorang terkena batu ginjal.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Nutrition, para peneliti telah menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa asupan gula tambahan yang lebih besar meningkatkan kemungkinan mengembangkan batu ginjal .

Dilansir dari Express, Sabtu (26/8/2023) batu ginjal sendiri terjadi ketika produk limbah dalam darah membentuk kristal dan terkumpul di ginjal.

Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, mual, muntah, demam, menggigil, dan urine berdarah. Jika tidak dikeluarkan secara alami melalui urine atau diobati, batu ginjal dapat menyebabkan infeksi, pembengkakan ginjal, dan penyakit ginjal yang berpotensi fatal.



6 Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Batu Ginjal, Nomor 5 Disantap Tiap Hari

Foto/Infografis SINDOnews

Menurut NHS, penyebab umum batu ginjal termasuk dehidrasi, beberapa obat dan kondisi tertentu seperti diabetes, obesitas, dan penyakit radang usus. Peneliti menyimpulkan konsumsi gula tambahan harus dimasukkan ke dalam daftar faktor risiko batu ginjal.

Peneliti mengungkap enam jenis makanan dan minuman yang merupakan penyebab gagal ginjal karena jumlah gula tambahan yang dikandungnya. Makanan dan minuman tersebut di antaranya:

1. Minuman bersoda yang dimaniskan dengan gula
2. Minuman buah
3. Cokelat
4. Es krim
5. Biskuit
6. Kue

"Ini menunjukkan bahwa membatasi asupan gula tambahan dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal,” kata Dokter Shan Yin selaku penulis utama studi.



Di sisi lain, dokter menyarankan memperbaiki kebiasaan makan untuk mencegah batu ginjal. Seperti halnya minum lebih banyak cairan, menghindari minuman bersoda, minumlah air dengan jus lemon segar, dan kurangi kandungan garam makanan.

Air adalah cairan paling sehat untuk mengurangi kandungan limbah urine, meskipun yang lain seperti jus buah atau teh juga diperhitungkan. Siapa pun yang ingin mengubah pola makannya dan menghindari batu ginjal harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)