5 Cara Meredakan Migrain di Rumah, Nomor 2 Kompres dengan Es Batu

Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:06 WIB
loading...
5 Cara Meredakan Migrain di Rumah, Nomor 2 Kompres dengan Es Batu
Migrain merupakan sakit kepala sebelah, baik kepala sebelah kanan, kiri atau pun keduanya. Penyebabnya akibat gangguan neurologis atau saraf otak yang serius. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Migrain merupakan sakit kepala sebelah, baik kepala sebelah kanan, kiri atau pun keduanya berdenyut menyakitkan. Penyebabnya akibat gangguan neurologis atau saraf otak yang serius.

Peneliti mengklaim bahwa migrain biasanya merupakan masalah genetik. Namun, terlepas dari penyebab genetik, ada faktor-faktor tertentu yang memicu seseorang mengalami migrain, seperti stres, obat-obatan tertentu, tidur berlebih, kurang tidur, makan tidak tepat waktu, dan lain sebagainya.



Ketika migrain, pengobatan mandiri di rumah pun bisa dilakukan. Mengutip Pinkvilla pada Minggu (27/8/2023), berikut beberapa cara meredakan migrain di rumah.

1. Minum air mineral

Cara lain yang mudah namun efektif untuk mengatasi migrain atau sakit kepala lainnya adalah minum air mineral. Sebab, studi menunjukkan dehidrasi adalah salah satu pemicu migrain yang paling umum. Tidak hanya meringankan migrain, mengonsumsi air mineral juga dapat membantu mencegah gejala migrain untuk selamanya.

2. Kompres dengan es batu

Kompres es batu merupakan cara sederhana yang mampi meringankan migrain. Cobalah untuk kompees bagian dahi, kulit kepala, atau pada bagian leher. Untuk melakukan cara ini, kamu bisa memasukkan es baru ke dalam waslap atau serbet, setelah itu barulah kompreskan ke bagian yang kamu inginkan.

3. Pijat bagian kepala

Pijat kepala dapat menghilangkan sakit kepala akibat migrain. Sebab memijat kepala dapat melancarkan aliran serotonin pada otak. Untuk melakukan pemijatan pada kepala, kamu dapat menggunakan minyak pijat favoritmu agar terasa rileks.

4. Oles atau hirup minyak lavender

Mengoleskan atau menghirup minyak esensial lavender dapat meredakan nyeri kepala akibat migrain. Kamu dapat langsung mengoleskan minyak lavender ke pelipis kepala atau melarutkan minyak lavender pada air hangat untuk tujuan inhalasi.

Studi menunjukkan bahwa terapi menggunakan esensial lavender ini berfungsi sebagai terapi profilaksis untuk mencegah serangan migrain.


5. Oleskan atau hirup minyak esensial peppermint

Selain minyak esensial lavender, minyak esensial peppermint pun juga bisa membantu meringankan migrain. Minyak peppermint mengandung bahan kimia yang disebut mentol. Kandungan ini tidak hanya bekerja untuk menghilangkan rasa sakit, juga bekerja untuk mencegah migrain lebih lanjut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2195 seconds (0.1#10.140)