6 Manfaat Minum Air Kelapa bagi Bumil dan Janin, Salah Satunya Menurunkan Tekanan Darah

Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:56 WIB
loading...
6 Manfaat Minum Air Kelapa bagi Bumil dan Janin, Salah Satunya Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat minum air kelapa bagi bumil dan janin dipercaya baik oleh banyak orang, seperti mempercepat persalinan. Foto/ hindustran times.
A A A
JAKARTA – Manfaat minum air kelapa bagi bumil dan janin dipercaya baik oleh banyak orang, seperti mempercepat persalinan dan mengurangi mual di pagi hari. tapi, apakah klaim ini benar?

Banyak yang masuk air kelapa dalam daftar “jangan dimakan” untuk ibu hamil lantaran berpotensi menimbulkan pertumbuhan bakteri berbahaya.



Jika ini terdengar mengkhawatirkan, Anda bisa menenangkan pikiran dengan artikel ini. Dilansir healthline pada Minggu (27/8/2023), berikut manfaat air kelapa bagi bumil dan janin.

Manfaat air kelapa untuk kehamilan

Air kelapa mungkin menyegarkan dan lezat, namun ilmu pengetahuan belum secara pasti menghubungkannya dengan klaim kesehatan yang dramatis. Namun, air kelapa mengandung beberapa nutrisi penting dan mungkin memiliki beberapa manfaat khusus kehamilan.

1. Menghidrasi

Air kelapa mengandung sekitar 95 persen air murni. Ahli kesehatan Alyssa Pike, RD, manajer komunikasi nutrisi untuk Dewan Informasi Makanan Internasional mengatakan air kelapa dapat menjadi pilihan selama kehamilan.

“Air kelapa dapat menghidrasi dan menyediakan elektrolit,” ujar dia.

Di sisi lain, tidak ada yang istimewa mengenai daya hidrasi air kelapa dibandingkan dengan H2O yang baik. “Air adalah standar emas untuk hidrasi dan lebih murah dibandingkan air kelapa,” kata Pike.

2. Mengganti elektrolit yang hilang akibat mual

Ketika mual dan muntah membuat Anda tidak bisa menghitungnya, mungkin elektrolit dalam air kelapa dapat membantu menstabilkan sistem. Wanita dengan hiperemesis gravidarum – suatu bentuk mual di pagi hari yang ekstrim – sering kali membutuhkan tambahan elektrolit untuk mengganti kehilangan akibat muntah yang berlebihan.

Air kelapa mengandung elektrolit berharga seperti kalium, natrium, dan magnesium.

3. Mengisi kembali cairan yang hilang

Demikian pula, jika mual di pagi hari membuat Anda berulang kali membuang kue, penting untuk mengisi kembali simpanan cairan tubuh. Air kelapa adalah salah satu minuman yang dapat dibuat tanpa banyak tambahan gula.

4. Meredakan refluks asam

Saat kehamilan membesar dan progesteron mengendurkan katup perut, cairan lambung mungkin menggelembung ke kerongkongan, menyebabkan rasa tidak nyaman dan sendawa asam yang menakutkan.

Beberapa wanita hamil bersumpah bahwa meminum air kelapa dapat meredakan refluks. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.


5. Mengandung nutrisi untuk perkembangan janin

Anda mungkin pernah mendengar betapa pentingnya vitamin dan mineral untuk pertumbuhan bayi– oleh karena itu, dokter menyarankan untuk mengonsumsi vitamin prenatal. Sampai batas tertentu, air kelapa bisa menambah campuran ini. Tergantung pada mereknya, zat gizi mikronya meliputi kalsium, kalium, dan magnesium.

Selama kehamilan, suplementasi magnesium telah dikaitkan dengan peningkatan berat badan bayi dan penurunan risiko preeklamsia. Kalsium adalah nutrisi lain yang harus diperhatikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)