Cara Ampuh Mengatasi Ketombe Basah, Efek dari Jarang Keramas

Minggu, 27 Agustus 2023 - 14:30 WIB
loading...
Cara Ampuh Mengatasi Ketombe Basah, Efek dari Jarang Keramas
Ketombe kerap membuat banyak orang merasa tidak percaya diri. Apalagi, bagi mereka yang belum menemukan solusinya. Foto/ bebeautiful.in
A A A
JAKARTA - Ketombe kerap membuat banyak orang merasa tidak percaya diri. Apalagi, bagi mereka yang belum menemukan solusinya.

Ya, ketombe merupakan suatu kondisi kulit kepala yang mengalami pengelupasan lapisan sehingga menghadirkan serpihan-serpihan kulit kepala berwarna putih keabu-abuan, bahkan kekuningan.



Ketombe disebabkan karena adanya jamur malassezia sp, stres, kulit kepala berminyak, kulit kepala kering, produk perawatan rambut, dan kurang rajinnya keramas. Biasanya, hal itu akan memicu terjadinya ketombe lebih cepat.

Ketombe pun terbagi menjadi dua, yakni ketombe basah dan ketombe kering.

Dilansir laman STYLECRAZE pada Minggu (27/8/2023), ketombe basah adalah jenis ketombe yang disebabkan oleh minyak alami di kulit kepala, akibat kelenjar sebaceous.

Kemudian, saat kelenjar sebaceous mulai bekerja secara cepat, maka akan memproduksi sebum lebih banyak. Sehingga, kelebihan sebum inilah yang akan mulai menumpuk di kulit kepala dan membuatnya kulit kepala terasa lengket dan membentuk ketombe.

Berbeda dengan ketombe kering. Ketombe kering biasanya lebih ringan jika dibandingkan dengan ketombe basah.

Jenis ketombe basah biasanya menyerang kulit kepala seseorang yang memiliki kulit kepala berminyak, dan serpihannya menempel pada helai rambut dengan ukuran lebih besar daripada ketombe kering. Biasanya disebabkan karena faktor keramas yang tidak teratur.

Cara menghilangkan ketombe basah

Ketombe basah adalah kondisi yang lebih tahan lama dan dapat menyebabkan rasa gatal yang luar biasa pada kulit kepala, untuk itu berikut cara menghilangkan ketombe basah:

1. Cuka Apel

Cuka apel bertindak sebagai obat ketombe basah yang sangat baik, dengan kandungan sifat asam cuka sari apel mengubah pH kulit kepala, sehingga jamur penyebab ketombe sulit tumbuh.

2. Sari Lemon dan Sari Amla

Sari lemon dan sari amla dipercaya dapat bekerja secara sinkron menghilangkan ketombe basah dan minyak yang menumpuk di kulit kepala, karen adanya kandungan asam sitrat yang ada pada sari lemon bertindak sebagai antimikroba dan menghilangkan jamur penyebab ketombe basah.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung enzim yang dapat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa gatal. Oleh karena itu, dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, penumpukan minyak, dan timbunan lemak yang menyumbat folikel rambut yang menyebabkan ketombe basah.


4. Bubuk Soda Kue

Soda kue dapat bekerja dengan baik, penelitian di Prancis menemukan bahwa soda kue dapat membunuh jamur penyebab ketombe.

5. Biji Fenugreek

Biji Fenugreek memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang melawan infeksi yang dapat menyebabkan dan memperparah kondisi ketombe basah.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2665 seconds (0.1#10.140)