Bisa Jadi Tanda Kadar Gula Darah Tinggi, Apa Warna Air Kencing Penderita Diabetes?

Senin, 28 Agustus 2023 - 05:30 WIB
loading...
Bisa Jadi Tanda Kadar Gula Darah Tinggi, Apa Warna Air Kencing Penderita Diabetes?
Diabetes salah satunya bisa ditandai dengan warna urine atau air kencing si penderita. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Diabetes salah satunya bisa ditandai dengan warna urine atau air kencing si penderita. Lantas, apa warna air kencing penderita diabetes?

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah. Ada sejumlah gejala yang dialami oleh penderita penyakit ini, satu di antaranya adalah perubahan warna urine.

Melansir laman Healthline, Senin (28/8/2023), diabetes dapat menyebabkan urine keruh karena terlalu banyak gula menumpuk di dalamnya. Urine penderita mungkin juga berbau manis atau seperti buah.



Perlu diingat, diabetes dapat menyebabkan komplikasi ginjal atau meningkatkan risiko infeksi saluran kemih (ISK), yang keduanya juga membuat urine tampak keruh.

Namun, urine yang keruh juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi lain yang tidak berhubungan dengan diabetes. Jika Anda khawatir urine keruh merupakan tanda diabetes, waspadai gejala lain juga seperti sering buang air kecil dan merasa sangat haus.

Anda harus menemui dokter jika mengalami urine keruh selama lebih dari beberapa hari atau ketika mengalami gejala lain.

Penyebab Urine Keruh

Ada beberapa kemungkinan yang membuat urine keruh pada penderita diabetes, antara lain:

1. Kadar Gula Darah Tinggi

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika kadar gula (glukosa) darah Anda terlalu tinggi. Insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas, membantu mengatur gula darah.

Pada penderita diabetes, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tak dapat menggunakan insulin yang dihasilkan secara efektif. Hal ini menyebabkan naiknya kadar gula darah secara drastis.



Ginjal, yang bertugas menyaring darah dan membuang limbah serta kelebihan cairan, bakal menyaring gula ini. Gula kemudian dikeluarkan melalui urine. Kelebihan gula bisa membuat urine tampak keruh atau bahkan berbau seperti buah.

Bagi sebagian orang, ini adalah tanda awal diabetes. Jika Anda tiba-tiba melihat urine keruh dan berbau manis, segera temui dokter ya.

2. Penyakit Ginjal Kronis yang Disebabkan Diabetes

Seiring waktu, diabetes memberikan tekanan pada ginjal yang dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis. Orang dengan penyakit ginjal mungkin memiliki protein dalam urine. Kehadiran protein dalam urine bisa menyebabkan "penampilannya" menjadi keruh.

Menurut National Kidney Foundation, sekitar 30 persen penderita diabetes tipe 1 dan antara 10-40 persen penderita diabetes tipe 2, pada akhirnya akan mengalami gagal ginjal.

3. Peningkatan Risiko ISK Akibat Diabetes

Diabetes dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih (ISK), terutama pada wanita. Ini karena kadar glukosa yang tinggi membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi.

ISK bisa membuat urine tampak keruh karena adanya sel darah putih yang dikirim tubuh untuk melawan infeksi tersebut.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)