Mengintip Penyakit TB yang Bikin Sesak Napas, Ahli Sebut Belum Tentu dari Kuman Tuberkulosis

Senin, 28 Agustus 2023 - 23:01 WIB
loading...
Mengintip Penyakit TB yang Bikin Sesak Napas, Ahli Sebut Belum Tentu dari Kuman Tuberkulosis
Kuman atau bakteri tuberkulosis yang masuk ke dalam tubuh ternyata belum tentu terinfeksi sakit tuberkulosis lho. Foto/ centenary.org.au
A A A
JAKARTA - Kuman atau bakteri tuberkulosis yang masuk ke dalam tubuh ternyata belum tentu terinfeksi sakit tuberkulosis lho. Kok bisa?

Dokter Spesialis Paru Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K) menjelaskan bila seseorang sudah terinfeksi oleh kuman tuberkulosis hanya ada kuman di dalam tubuhnya dan ini bisa diperiksa dengan mantoux test atau tuberculin skin test. Kini, ada yang lebih canggih yaitu dengan Interferon Gamma Release Assay (IGRA).



"Hasil positif artinya menunjukkan sudah ada kuman karena ada reaksi dari kuman tersebut yang terukur melalui tes," ujar dr Erlina dalam cuitannya di Twitter @erlinaburhan, Senin (20/8/2023).

Dokter Erlina menambahkan hal itu hanya menunjukkan bahwa ada kuman di dalam tubuh atau pernah ada kuman sehingga orang yang sudah sembuh pun mungkin mantoux test atau IGRA-nya positif.

Untuk mengetahui tuberkulosisnya aktif, maka harus periksa dahak. Kalau dahaknya positif, menunjukkan adanya kuman TB, itu artinya TB sedang aktif dan harus diobati.

"Sedangkan apabila IGRA atau mantoux test-nya positif tetapi tidak ada gejala, foto rontgen normal, maka itu bukan TB, hanya terinfeksi," ujar dia.

Jadi tidak perlu diobati, kecuali orang itu berisiko untuk jadi sakit. Maka akan dilakukan pengobatan preventif atau pengobatan pencegahan.



"Sekali lagi, infeksi mungkin perlu pengobatan pencegahan, tapi kalau sakit tuberkulosis perlu pengobatan TB atau diberikan Obat Anti Tuberkulosis (OAT) selama enam bulan," ujar dia.

Seperti diketahui, tuberkulosis atau TB merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam paru-paru dan mengakibatkan penderitanya mengalami sesak napas disertai batuk kronis.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2619 seconds (0.1#10.140)