Cara Orang Tua Agar Tak Canggung Bicara Seks pada Anak

Minggu, 12 Maret 2017 - 02:19 WIB
Cara Orang Tua Agar Tak Canggung Bicara Seks pada Anak
Cara Orang Tua Agar Tak Canggung Bicara Seks pada Anak
A A A
JAKARTA - Membicarakan seks pada anak seringkali dianggap sebagai hal yang tabu. Orang tua pun merasa canggung bahkan enggan untuk menjelaskannya pada anak. Padahal pendidikan seks penting diberikan sejak usia dini.

Sebagai garda terdepan, orang tua idealnya menanamkan pendidikan seks dan reproduksi sejak dini. Mereka harus terbuka dengan anak agar tidak merasa bingung membicarakan hal tersebut saat anak mulai beranjak remaja.

"Jadi orang tua ibaratnya baru sadar pas anaknya remaja, bingung bagaimana ngomongnya karena terlanjur nggak terbuka. Untuk itu, alangkah baiknya kalau sejak anak kecil orang tua bisa terbuka, saling curhat," papar Sekretaris Yayasan Pelita Ilmu dan Ahli Kesehatan Masyarakat, Usep Solehudin di Jakarta.

Sayangnya, anak kerap merasa tak nyaman saat berbicara pada orang tua. Oleh karena itu, Usep pun menyarankan untuk melakukan komunikasi terbuka sehingga anak bisa merasa nyaman. Salah satunya dengan tidak langsung memarahi anak ketika mereka berbicara.

"Kebanyakan anak bisa takut bicara dengan orang tuanya karena takut dimarahi atau diledeki, terlebih suka dibanding-bandingkan. Kalau anak ada masalah dan dia cerita ke kita, biarkan dia cerita dulu lalu kita bicarakan dengan baik-baik. Jangan dimarahi. Memang sih, di sekolah ada guru BK yang bisa bantu atasi masalah anak tapi di sekolah kan cuma 2 atau 3 guru, siswanya ratusan, kan nggak tercover," sarannya.

Selain itu, orang tua juga bisa membuat anak merasa nyaman dengan melakukan beberapa trik. "Kita cari trik-trik apa yang bikin dia nyaman, masukkan dia ke zona nyaman dia hingga kemudian kita bisa berdiskusi dengan dia. Anak itu mau cerita ke orang yang mau menghargai dan menjaga rahasia dia. Misalnya saat dia cerita dimarahi guru, jangan langsung kita ikut-ikut memarahi dia tapi bisa digali lagi jangan-jangan itu karena ada masalah sama temannya. Itu bisa jadi pintu kita untuk bisa saling ngobrol sama kita," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.7273 seconds (0.1#10.140)