7 Penyebab Asam Urat di Tumit dan Cara Mengobatinya

Rabu, 30 Agustus 2023 - 05:00 WIB
loading...
7 Penyebab Asam Urat di Tumit dan Cara Mengobatinya
Penyebab asam urat di tumit sangat beragam. Asam urat merupakan radang sendi yang biasanya menyebabkan rasa sakit, disertai pembengkakan dan perubahan warna. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penyebab asam urat di tumit sangat beragam. Asam urat sendiri merupakan bentuk umum dari radang sendi yang biasanya menyebabkan rasa sakit, disertai pembengkakan dan perubahan warna.

Asam urat cenderung mempengaruhi satu sendi pada satu waktu. Sendi jempol kaki merupakan tempat umum terjadinya asam urat. Namun, penyakit ini dapat memengaruhi banyak area tubuh lainnya, termasuk tumit.

Hiperurisemia adalah penyebab umum dari asam urat. Hal ini terjadi ketika seseorang memiliki terlalu banyak asam urat dalam tubuhnya. Tubuh memproduksi asam urat saat memecah purin, bahan kimia alami yang terdapat di setiap sel dan beberapa makanan, terutama daging merah, makanan laut tertentu, dan bir.

Penyebab Asam Urat di Tumit





Saat terjadi penumpukan asam urat, kristal seperti pecahan bisa tersangkut di persendian. Selain itu, asam urat juga dapat disebabkan karena beberapa hal lainya, di antaranya:

1. Genetika
2. Disfungsi ginjal
3. Terlalu banyak purin dalam makanan
4. Tekanan darah tinggi
5. Diabetes
6. Kegemukan
7. Konsumsi obat

Dilansir dari Medical News Today, Rabu (30/8/2023) gejala asam urat di tumit biasanya berlangsung terus-menerus setiap hari atau minggu dan bisa secara tiba-tiba.

7 Penyebab Asam Urat di Tumit dan Cara Mengobatinya

Foto/Infografis SINDOnews

Pada sebagian orang, asam urat bisa terjadi dalam jangka panjang hingga berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Selain itu, kondisi ini juga bisa kambuh setelah dinyatakan sembuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2681 seconds (0.1#10.140)