6 Manfaat Buah Naga untuk Kulit, Salah Satunya Mencegah Munculnya Jerawat

Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:47 WIB
loading...
6 Manfaat Buah Naga untuk Kulit, Salah Satunya Mencegah Munculnya Jerawat
Manfaat buah naga untuk kulit cukup banyak. Ini karena kandungannya, seperti antioksidan dan vitamin C yang dibutuhkan kulit. Foto/ bebeautiful.
A A A
JAKARTA – Manfaat buah naga untuk kulit cukup banyak. Ini karena kandungannya, seperti antioksidan dan vitamin C yang dibutuhkan kulit.

Lantas, apa saja manfaat dari penggunaan buah naga pada kulit yang wajib diketahui? Melansir dari Times of India pada Selasa (29/8/2023) berikut ulasanya.


Manfaat Buah Naga

1. Mencerahkan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, buah naga ini memiliki kandungan vitamin C. Alhasil, dengan vitamin tersebut kulit bisa menjadi lebih cerah dengan mengurangi flek hitam maupun warna kulit yang tidak merata.

2. Antijerawat

Manfaat selanjutnya, buah naga dapat mengurangi munculnya jerawat serta mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit. Kenapa? Alasannya karena buah naga punya sifat antimikroba.

3. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Buah naga kaya akan antioksidan, misalnya saja vitamin C. Sehingga, buah berwarna pink ini mampu membantu memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, buah ini juga berpotensi memperlambat tanda-tanda penuaan dini serta menjaga agar tetap awet muda

4. Memproduksi Kolagen

Kolagen merupakan protein yang berkontribusi terhadap elastisitas dan kekencangan kulit. Kandungan Vitamin C dalam buah naga ini lah yang penting dalam memproduksi kolagen.

Times of India mengungkap, mengoleskan buah naga secara teratur pada kulit, hal ini berpotenis mendukung sintetis kolagen.

5. Eksfoliator

Jika diperhatikan, buah naga memiliki biji kecil berwarna hitam. Nah, biji ini dapat berfungsi sebagai eksfoliator lembut. Biji hitam buah naga ini ikut membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih halus.

6. Infus Vitamin dan Mineral

Kandungan vitamin dalam buah naga bukan cuman vitamin C, tapi ada juga vitamin E yang dapat menutrisi kulit. Lebih dari itu, buah satu ini pun dilengkapi kandungan mineral.

Cara Menggunakan Buah Naga pada Kulit

Penggunaan buah naga kulit bisa melalui bermacam-macam cara. Anda bisa membuatnya jadi masker, atau lebih simpel lagi jika Anda menemukan produk skincare dengan ekstrak buah naga. Berikut ini ada beberapa cara apabila Anda ingin menjadikan buah naga sebagai rutinitas perawatan kulit.

1. Membuat Masker Wajah

Anda dapat menciptakan masker wajah sendiri dengan menggunakan daging buah naga. Tentunya, harus dilengkapi lagi dengan bahan-bahan lagi seperti yogurt, madu, maupun lidah buaya.

2. Produk Skincare

Mungkin Anda tidak ada waktu membuat DIY masker wajah dari daging buah naga . Pilihan alternatif lainnya adalah, cari lah produk skincare yang mengandung ekstrak buah naga.

Anda bisa memilih serum atau pelembab dengan kandungan buah naga, demi mendapat manfaat antioksidan serta sifat menghidrasi.


3. Memijat Kulit dengan Biji Buah Naga

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa biji buah naga dapat dijadikan sebagai eksfoliator. Caranya, cukup memijat lembut kulit Anda dengan biji buah naga untuk exfoliate dan meningkatkan sirkulasi.

Perlu diingat, walau buah naga punya banyak manfaat untuk kulit, tapi mungkin pengalaman setiap orang akan berbeda-beda. Untuk itu, sebelum mencoba pada area kulit yang lebih luas, lakukan uji tempel pada area kecil pada kulit.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)