Cara Membuat Air Rebusan Serai untuk Menurunkan Kolesterol dalam 14 Hari

Selasa, 29 Agustus 2023 - 17:53 WIB
loading...
Cara Membuat Air Rebusan Serai untuk Menurunkan Kolesterol dalam 14 Hari
Air rebusan serai dipercaya menurunkan kolesterol dalam darah. Serai mengandung senyawa pelawan peradangan asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Air rebusan serai dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya menurunkan kolesterol dalam darah. Serai mengandung senyawa pelawan peradangan asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin.

Peradangan merupakan faktor penyebab banyak kondisi kesehatan yang merugikan, termasuk nyeri, kolesterol dan penyakit jantung. Oleh karena itu, serai bisa menjadi minuman bermanfaat bagi masyarakat untuk dimasukkan ke dalam diet harian mereka.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (29/8/2023) berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, mengonsumsi ekstrak serai dapat menurunkan kolesterol pada hewan.

Studi ini mencatat bahwa reaksinya bergantung pada dosis. Artinya, serai dalam jumlah lebih banyak dapat menurunkan kolesterol lebih lanjut. Serai secara tradisional digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi dan mengatasi penyakit jantung.



Cara Membuat Air Rebusan Serai untuk Menurunkan Kolesterol dalam 14 Hari

Foto/Infografis SINDOnews

Sebuah studi yang dirilis pada 2007 membantu mendukung penggunaannya untuk kondisi tersebut. Studi tersebut menemukan minyak serai secara signifikan mengurangi kolesterol pada tikus yang diberi diet tinggi kolesterol selama 14 hari.

Anda bisa membuat air rebusan serai di rumah dengan mudah. Berikut resep air rebusan serai untuk menurunkan kolesterol.

Bahan:

1-2 batang yang dipotong menjadi potongan berukuran 1 hingga 2 inci
Secangkir air panas
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)