5 Cara Menurunkan Kolesterol dalam 7 Hari, Salah Satunya Berhenti Merokok

Senin, 28 Agustus 2023 - 10:35 WIB
loading...
5 Cara Menurunkan Kolesterol dalam 7 Hari, Salah Satunya Berhenti Merokok
Cara menurunkan kolesterol dalam tujuh hari bisa dimulai dengan berhenti merokok. Langkah ini juga bisa meningkatkan kekuatan obat penurun kolesterol. Foto/Care From Nature
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dalam tujuh hari bisa dimulai dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti berhenti merokok. Langkah ini juga bisa meningkatkan kekuatan obat penurun kolesterol .

Kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Obat-obatan dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Namun jika Anda lebih suka melakukan perubahan gaya hidup terlebih dahulu untuk menurunkan kolesterol, cobalah lima perubahan sehat berikut.

Jika Anda sudah mengonsumsi obat, perubahan ini dapat meningkatkan efek penurunan kolesterol. Berikut cara menurunkan kolesterol dalam tujuh hari dilansir dari Mayo Clinic, Senin (28/8/2023).

Cara Menurunkan Kolesterol dalam 7 Hari





5 Cara Menurunkan Kolesterol dalam 7 Hari, Salah Satunya Berhenti Merokok

Foto/Infografis SINDOnews

1. Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Jantung


Beberapa perubahan dalam pola makan Anda dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Penting untuk kurangi lemak jenuh, hilangkan lemak trans, konsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, meningkatkan serat larut, dan protein whey.

2. Olahraga


Olahraga dapat menurunkan kolesterol. Aktivitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik. Jika dokter Anda mengizinkan, lakukan olahraga minimal 30 menit lima kali seminggu atau aktivitas aerobik berat selama 20 menit tiga kali seminggu.



3. Berhenti Merokok


Berhenti merokok meningkatkan kadar kolesterol baik Anda. Dalam waktu 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan detak jantung pulih dari lonjakan akibat rokok. Dalam waktu tiga bulan setelah berhenti, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru mulai membaik. Dalam satu tahun setelah berhenti merokok, risiko terkena penyakit jantung berkurang setengah dari risiko seorang perokok.

4. Menurunkan Berat Badan


Berat badan berlebih bahkan beberapa kilogram pun berkontribusi terhadap kolesterol tinggi. Jika Anda minum minuman manis, gantilah dengan air putih. Konsumsi camilan popcorn dengan tetapi perhatikan kalorinya. Jika Anda mendambakan sesuatu yang manis, cobalah permen dengan sedikit atau tanpa lemak, seperti jelly beans.



5. Minum Alkohol Secukupnya


Penggunaan alkohol dalam jumlah sedang telah dikaitkan dengan kadar kolesterol baik yang lebih tinggi. Jika Anda minum alkohol, konsumsi secukupnya. Untuk orang dewasa yang sehat, itu berarti maksimal satu gelas sehari untuk wanita segala usia dan pria di atas usia 65 tahun, dan maksimal dua gelas sehari untuk pria berusia 65 tahun ke bawah.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)