7 Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan, Obati Asam Urat hingga Gula Darah Tinggi

Sabtu, 02 September 2023 - 05:00 WIB
loading...
7 Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan, Obati Asam Urat hingga Gula Darah Tinggi
Daun meniran memiliki banyak mafaat untuk kesehatan. Daun ini digunakan sebagai obat tradisional berbagai penyakit, dari asam urat hingga gula darah tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Daun meniran memiliki banyak mafaat untuk kesehatan. Daun ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional berbagai macam penyakit, dari sakit maag, asam urat hingga gula darah tinggi.

Sebagai suplemen, daun meniran dilaporkan dapat membantu berbagai kondisi yang berkaitan dengan sistem pencernaan, hati, dan ginjal. Manfaat ini didapat karena kandungan fitokimia di dalamnya.

Fitokimia merupakan senyawa tumbuhan yang dapat meningkatkan aliran urine, membunuh bakteri dan virus berbahaya, serta meredakan peradangan. Daun meniran bisa dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk ekstrak cair, kapsul dan kaplet.

Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan



Berikut manfaat daun meniran dan efek sampingnya dilansir dari Health Line, Sabtu (2/9/2023).



1. Batu Ginjal


Daun meniran dikenal sebagai obat batu ginjal yang potensial sehingga disebut sebagai pemecah batu. Daun ini bersifat basa, sehingga dapat membantu mencegah batu ginjal yang bersifat asam.

Ini adalah alternatif yang lebih murah dan dijual bebas dibandingkan resep kalium sitrat, zat alkali yang biasa digunakan untuk mencegah batu ginjal bersifat asam. Daun meniran juga dapat membantu Anda buang air kecil lebih banyak.

2. Maag


Ekstrak daun meniran dapat membunuh bakteri penyebab sakit maag dari helicobacter pylori dalam penelitian tabung reaksi. Namun, hal ini tidak berarti suplemen oral efektif melawan sakit maag pada manusia.

Penelitian tabung reaksi seperti ini biasanya melibatkan ekstrak dengan konsentrasi tinggi yang diaplikasikan langsung ke sel bakteri, dan ini bukanlah cara kerja suplemen daun meniran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3223 seconds (0.1#10.140)