Ilmuwan Temukan Anjing yang Bisa Deteksi Kanker Payudara

Rabu, 29 Maret 2017 - 11:20 WIB
Ilmuwan Temukan Anjing yang Bisa Deteksi Kanker Payudara
Ilmuwan Temukan Anjing yang Bisa Deteksi Kanker Payudara
A A A
JAKARTA - Tak hanya menggemaskan, baru-baru ini peneliti menemukan bahwa sepasang anjing jenis German Shepherds mampu mendeteksi kanker payudara secara akurat 100%. Sebelumnya, anjing tersebut telah mendapatkan pelatihan secara intensif selama enam bulan.

Isabelle Fromantin yang memimpin penelitian bertajuk Kdog ini menjelaskan, bahwa sel kanker payudara memiliki bau yang khas. Di mana hidung anjing bisa menciumnya. Selanjutnya tim peneliti mengumpulkan sampel berupa perban yang sudah dipakai untuk menutup payudara yang terkena kanker dari 31 pasien kanker.

Dibantu oleh spesial anjing, Jacky Experton, peneliti melatih anjing German Shepherds, Thor dan Nykios, untuk mengenali perban bekas pasien kanker dan yang bukan pasien kanker. Setelah enam bulan masa pelatihan, anjing tersebut diuji mulai dari Januari hingga Februari dengan menggunakan 31 perban berbeda saat latihan.

Hasilnya, 28 dari 31 perban berhasil dideteksi oleh kedua anjing tersebut pada percobaan pertama. Sedangkan pada percobaan kedua, anjing tersebut berhasil mendeteksi mendeteksi perban secara 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti akan mengadakan uji klinis pada lebih banyak pasien dan anjing lainnya.

Para peneliti pun yakin, bahwa di masa mendatang anjing bisa menggantikan mesin diagnosis dengan didampingi oleh ahli diagnostik. Dengan demikian, bisa menganalisis setiap sampel. Selain itu, cara ini juga dinilai sederhana, noninvasif serta murah dalam mendeteksi kanker di negara yang sulit mendapatkan mamogram.

"Di negara-negara ini mereka memiliki ahli onkologi dan bedah, tapi di daerah terpencil seringkali akses terhadap diagnosis sangat terbata," papar Isabelle Fromantin seperti dilansir Daily Mail.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4198 seconds (0.1#10.140)