6 Khasiat Air Rebusan Jahe, Nomor 5 Menurunkan Kadar Kolesterol

Senin, 04 September 2023 - 12:31 WIB
loading...
6 Khasiat Air Rebusan Jahe, Nomor 5 Menurunkan Kadar Kolesterol
Khasiat air rebusan jahe bisa mencegah beberapa penyakit kesehatan. Secara tradisional, jahe digunakan dalam ilmu kedokteran, seperti ayurveda dan homeopati. Foto/ India.com.
A A A
JAKARTA - Khasiat air rebusan jahe bisa mencegah beberapa penyakit kesehatan. Bahkan, secara tradisional, jahe telah digunakan dalam ilmu kedokteran, seperti ayurveda dan homeopati lantaran memiliki beberapa manfaat kesehatan dan penyembuhan.

Jahe merupakan pembangkit tenaga antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk kulit, rambut dan tubuh!



“Jahe, yang dikenal karena sifat anti-inflamasinya, juga mengandung gingerol, shogaol, zingerone dan banyak senyawa volatil lainnya yang membuat jahe memiliki aroma dan rasa yang tajam dan kuat, yang bertanggung jawab untuk menyediakan semua manfaatnya,” kata Dr Deepika Rani, ahli gizi di Apollo Telehealth, dikutip dari hindustan times pada Senin (4/9/2023).

Khasiat jahe

1. Penurunan Berat Badan

Jahe tidak hanya sebagai penambah rasa yang enak, juga merupakan pilihan yang bagus untuk menurunkan berat badan. Jika rutin meminum air jahe, maka penyerapan nutrisinya akan lebih baik dan pelepasan energi secara maksimal. Anda tidak merasakan keinginan untuk makan berlebihan.

“Itu juga menekan nafsu makanmu. Faktanya, ada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Metabolism yang menyatakan bahwa jahe membantu Anda kenyang lebih lama,” ujar Dr Aashima Chopra, Ahli Gizi, Rumah Sakit Paras, Panchkula.

2. Baik untuk Kulit

Ucapkan selamat tinggal pada masalah kulit Anda dengan air jahe. Itu dikemas dengan antioksidan gingerol yang dapat melawan radikal bebas sehingga memberi Anda warna kulit yang merata dan bersinar.

Tidak hanya memberikan kulit yang sehat dan bercahaya, jahe juga dapat mengencangkan dan melawan berbagai tanda penuaan. Terlebih, sifat anti-inflamasinya dapat melawan segala jenis infeksi dan membuat kulit sehat dan bersih.

3. Cara Mengurangi Kram Menstruasi

Jika Anda seorang wanita yang telah mencoba segala macam cara untuk meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh PMS, tetapi belum menemukan solusi yang tepat, maka minum air jahe .

Faktanya, pada penelitian 2018 lewat Jurnal Obstetri dan Ginekologi Taiwan, jahe sama efektifnya dalam mengurangi nyeri haid dan kram seperti obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas.

4. Membantu Atasi Masalah Pencernaan

Minum air jahe sekali sehari cenderung tidak mengalami gangguan pencernaan dan sembelit. Selain itu, jahe cenderung tidak menderita refluks asam lambung, mual atau gas berlebih. Sebuah penelitian yang diterbitkan di PubMed Central mencatat bahwa air jahe secara signifikan meredakan muntah dan mual.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Makanan yang dikonsumsi dapat memiliki pengaruh kuat terhadap kadar LDL. Kadar kolesterol yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke. Tapi, air jahe adalah solusinya!

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Saudi Medical Journal menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi jahe setiap hari mengalami penurunan kadar trigliserida dan LDL, kolesterol jahat, yang dapat meningkatkan risiko stroke.


6. Air Jahe Penuh Antioksidan

Air jahe kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam membantu Anda menangani radikal bebas, menurunkan risiko kondisi kesehatan seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Selain itu, air jahe kaya akan mineral potasium. Kalium penting untuk jantung, otot, tulang dan metabolisme karena membantu sel menangani garam. Sementara, kekurangan potasium dikaitkan dengan masalah jantung dan tekanan darah tinggi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)