8 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Jantung Jika Dikonsumsi 8 Minggu

Senin, 04 September 2023 - 06:00 WIB
loading...
8 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Jantung Jika Dikonsumsi 8 Minggu
Kayu manis menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan yang sayang dilewatkan. Kayu manis bisa dikonsumsi sebagai suplemen lantaran mengandung senyawa obat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kayu manis menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan yang sayang dilewatkan. Selain kegunaan kulinernya, kayu manis bisa dikonsumsi sebagai suplemen lantaran mengandung berbagai senyawa obat yang bermanfaat bagi penderita diabetes dan penyakit jantung.

Sebuah tinjauan terhadap 18 penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan gula darah. Namun hal itu tidak mempengaruhi hemoglobin A1C, yang merupakan indikator kadar gula darah dalam jangka waktu lama. Ini juga dapat menurunkan kolesterol pada penderita diabetes.

Ulasan lainnya menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu mengatasi obesitas dan penurunan berat badan. Kayu manis juga terkadang digunakan untuk sindrom iritasi usus besar atau masalah perut atau usus lainnya. Tapi tidak jelas apakah itu berhasil.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan



Berikut manfaat kayu manis dan efek sampingnya seperti dilansir dari Health Line, Senin (4/9/2023).



1. Kaya Antioksidan


Kayu manis kaya akan antioksidan kuat, termasuk polifenol. Sebuah studi menemukan bahwa suplemen kayu manis dapat secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan dalam darah sekaligus mengurangi kadar penanda yang digunakan untuk mengukur peradangan, seperti protein C-reaktif.

Faktanya, efek antioksidan kayu manis sangat kuat bahkan bisa digunakan sebagai pengawet makanan alami. Antioksidan sendiri melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Anti-inflamasi


Peradangan sangat penting karena membantu tubuh merespons infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan. Namun, peradangan bisa menjadi masalah jika bersifat kronis dan menyerang jaringan tubuh Anda sendiri.

Kayu manis berguna dalam hal ini. Studi menunjukkan bahwa rempah-rempah ini dan antioksidannya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2445 seconds (0.1#10.140)