Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Senin, 04 September 2023 - 13:07 WIB
loading...
Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2
Khasiat daun salam untuk kesehatan cukup banyak. Artinya, daun salam tidak hanya sebagai bumbu penyedap makanan saja. Foto/ wp.
A A A
JAKARTA - Khasiat daun salam untuk kesehatan cukup banyak. Artinya, daun salam tidak hanya sebagai bumbu penyedap makanan saja.

Daun salam yang juga dikenal sebagai laurel ini memang menjadi bumbu yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa sup dan hidangan daging karena rasanya yang menggugah selera.


Khasiat Daun Salam

1. Kesehatan sistem kekebalan tubuh

Daun salam merupakan sumber vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C yang baik. Semua vitamin ini diketahui mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

2. Bantuan pencernaan

Daun salam dapat membantu meringankan serangan sakit perut. Tehnya juga sangat aromatik sehingga dapat membantu meredakan tekanan sinus atau hidung tersumbat.

3. Mengurangi faktor risiko diabetes tipe 2

Sepasang penelitian kecil menunjukkan bahwa mengonsumsi kapsul daun salam atau minum teh yang diseduh dari daun salam Turki dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, salah satu penelitian berukuran kecil dan penelitian lainnya menguji daun salam pada sukarelawan sehat, bukan penderita diabetes.

Hal-Hal yang Perlu Diwaspadai dari Daun Salam

Daun salam dapat menambahkan sesuatu yang ekstra pada sebagian besar hidangan gurih dan menghasilkan teh aromatik. Namun, tidak boleh dimakan mentah atau dimakan sendiri dalam jumlah banyak. Ini karena sulit dikunyah dan dicerna.

Selain itu, belum ada penelitian yang memadai mengenai efek penggunaan daun salam sebagai obat selama kehamilan atau menyusui.

Cara Menggunakan Daun Salam

Daun salam dapat ditemukan di sebagian besar toko kelontong. Biasanya tersedia dalam bentuk daun utuh yang dikeringkan. Bubuk kering dan daun segar juga dapat disimpan di rak, jadi silakan bereksperimen dengan ketiga jenis tersebut dalam resep Anda. Anda juga bisa menggunakan food processor atau penggiling kopi untuk mengubah daun salam kering utuh menjadi bubuk.

Umumnya, orang memasak dengan daun salam dengan meletakkan daun kering penuh di dalam piring sebelum dimasak agar makanan menyerap rasanya. Namun menghancurkannya adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat penuh dari daun salam.



Daun salam segar yang diblender juga dapat digunakan dalam makanan, meskipun cara tersebut kurang umum.

Daun salam kering, bubuk, dan daun salam segar cenderung memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan daun salam kering utuh, jadi pastikan untuk menggunakan lebih sedikit jika ingin menggunakan resepnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2842 seconds (0.1#10.140)