4 Ciri-Ciri Rabies pada Kucing, Wajib Tahu!

Selasa, 05 September 2023 - 20:20 WIB
loading...
4 Ciri-Ciri Rabies pada Kucing, Wajib Tahu!
Hewan yang bisa terinfeksi rabies bukan cuma anjing, tapi juga kucing. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Rabies merupakan penyakit menular akut dari hewan ke manusia. Hewan yang bisa terinfeksi rabies bukan cuma anjing, tapi juga kucing, kera, dan kelelawar.

Di Indonesia kucing menjadi hewan yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat karena memiliki tingkah yang lucu. Tubuh, suara, sampai gerakan ekornya membuat kucing terlihat sangat menggemaskan. Selain itu, kucing juga memberikan manfaat dengan menjadi sumber dukungan emosional bagi pemiliknya.

Masyarakat yang memang senang memelihara kucing, harus mengetahui nih ciri-ciri rabies pada hewan tersebut. Walaupun rabies pada kucing dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi maupun pemeriksaan kesehatan ke dokter hewan secara rutin, tapi kita juga perlu mengetahuinya supaya dapat mengantisipasi jika hewan yang dipelihara itu terkena infeksi rabies.



Berikut 4 ciri-ciri rabies pada kucing yang harus diketahui.

1. Perubahan Perilaku

Kucing yang terinfeksi rabies biasanya mengalami perubahan perilaku yang sangat ekstrem. Yang biasanya tidak banyak tingkah menjadi sangat bersemangat dan gelisah, begitu pun sebaliknya. Kucing yang awalnya periang menjadi lemas dan penyendiri.

2. Lebih Sensitif

Ciri rabies ini membuat kucing akan lebih agresif saat didekati ataupun disentuh. Sehingga dia terlihat lebih galak dari yang biasanya tidak galak jika disentuh.


3. Lendir di Mulut

Kucing yang mengeluarkan air liur berlebih harus diwaspadai terinfeksi rabies. Hal ini akan terjadi pada kucing yang sudah terinfeksi rabies. Anabul ini cenderung meneteskan banyak air liur yang terlihat seperti buih dari mulutnya. Ini terjadi akibat kelumpuhan pada otot-otot tenggorokan serta rahang akibat kerusakan saraf dan otak.

4. Lumpuh

Ciri rabies kucing yang terakhir ini bisa berujung kematian. Karena jika sudah terinfeksi rabies, kucing bisa kehilangan kontrol pada otot tubuh, sehingga si anabul pun mengalami kelumpuhan, koma, hingga kematian. MG/Talitha Luthfiana Safa
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)