Tips dan Trik Pemasaran di Media Sosial, Bisa Raih Penghasilan Fantastis Lho!

Selasa, 05 September 2023 - 23:00 WIB
loading...
Tips dan Trik Pemasaran di Media Sosial, Bisa Raih Penghasilan Fantastis Lho!
Media sosial tidak hanya untuk bertukar kabar saja, tapi bisa menjadi tempat efektif memasarkan produk agar lebih terkenal dan meraih penghasilan fantastis. Foto/ YouTube.
A A A
JAKARTA - Media sosial tidak hanya untuk bertukar kabar saja, tapi bisa menjadi tempat efektif memasarkan produk agar lebih terkenal dan meraih penghasilan fantastis.

Namun, untuk mendapatkan hal tersebut tentu harus mengetahui trik tertentu. Pasalnya, banyak pebisnis yang sudah memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Sayangnya, tidak semua berhasil meraih kesuksesan dalam memasarkan produk di sosial media.



Untuk itu, merangkum dari acara Podcast Aksi Nyata di YouTube Partai Perindo, Resita Natasha Putri selaku PR Consultant dan Sosial Media akan membagikan tips dan trik sukses memasarkan produk di Media Sosial.

1. Target market

Tidak semua orang bisa menjadi konsumen kita dan membeli produk yang kita pasarkan secara rutin. Untuk itu, penting sekali membidik target market yang tepat. Agar promosi atau pemasaran yang dilakukan melalui sosial media bisa memenuhi target.

Dalam hal ini, menentukan target pasar ada berbagai cara, bisa dilihat dari umur, letak geografis, gender, dan beberapa hal lainnya.

"Kita harus tahu target market kita siapa, audience kita siapa. Dan kita harus menciptakan personal branding yang baik sesuai audience kita,” ucap Resita, Selasa (5/9/2023).

2. Rutin bikin konten

Pembuatan konten secara rutin di sosial media sangatlah penting. Cara ini mampu meningkatkan awareness masyarakat terhadap perusahaan dan produk kita.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam membuat konten yakni harus mengikuti trend yang sedang berlangsung.

"Kita harus lihat kontennya lagi hype lagi viral atau enggak,” tutur Resita.

3. Budgeting

Dalam melakukan pemasaran di sosial media, pebisnis dapat melakukan iklan, membayar KOL atau influencer untuk promosi, atau hal lainnya. Tentu semua hal tersebut membutuhkan dana yang tidak murah. Untuk, harus bijak dalam menentukan budgeting dalam melakukan promosi di media sosial.

"Budgeting penting banget, jangan pernah membuang untuk marketing yang sia-sia di sosial media,” ucap Resita.

Dalam hal ini, Resita menuturkan penting sekali untuk melakukan riset dan analisis sebelum melakukan promosi di media sosial. Hal ini agar pemasaran yang dilakukan bisa menguntungkan perusahaan.



Resita menuturkan jika sebenarnya banyak juga pemasaran yang gratis dengan menyalurkan ide-ide kreatifnya.

"Banyak sebenarnya iklan kaya cara kita berkonten yang free, Rp0. Itu gimana kita buat konten aja jadi out of the box, sekreatif mungkin,” ujar Resita.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2423 seconds (0.1#10.140)