alexametrics

Empal Suwir, Kuliner Khas Jawa Barat untuk Menu Pilihan Idul Adha

loading...
Empal Suwir, Kuliner Khas Jawa Barat untuk Menu Pilihan Idul Adha
Bosan olahan daging kurban itu-itu saja? Kini, waktunya Anda berkreasi membuat beragam masakan menggugah selera dari daging kurban. Empal suwir misalnya. Foto/Istrimewa.
A+ A-
JAKARTA - Bosan olahan daging kurban itu-itu saja? Kini, waktunya Anda berkreasi membuat beragam masakan menggugah selera dari daging kurban. Empal suwir misalnya.

Empal merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi. Makanan ini menawarkan rasa sedikit manis dan gurih. Biasanya empal dibuat menggunakan daging sapi, yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah matang.

Empal kemudian di pukul-pukul hingga agak empuk. Tertarik mencobanya untuk hidangan Hari Raya Idul Adha? Berikut resep membuat empal suwir seperti dikutip dari Cookpad. (Baca juga: Tips Aman Menikmati Hidangan Idul Adha Tanpa Khawatir Berat Badan).

Bahan-bahan:
500 gr daging has dalam
5 buah bawang merah
5 buah bawang putih
1/2 ruas jari jahe
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 ruas jari lengkuas
1/2 sdm ketumbar
1/2 sdt merica
1 batang serai, ambil putihnya
5 butir kemiri
1/4 sdt jinten
Gula putih
Garam



Bahan bumbu pelengkap:
3 lbr daun jeruk, sobek-sobek
3 lbr daun salam, sobek-sobek
35 gr gula merah
500 ml air
125 ml santan kental

Pelengkap:
Bawang merah goreng



Cara membuat:
Siapkan bahan. Potong daging sesuai seratnya. Haluskan bumbu, lalu masukkan kedalam panci, masukkan juga daging, air serta bumbu pelengkap, tutup panci.

Tunggu sampai daging empuk. Keluarkan daging dari panci, suwir-suwir daging dengan garpu, lalu pindahkan ke dalam wajan, beri santan. Masak sampai santan meresap dan daging kering. Koreksi rasa, angkat. Sajikan bersama taburan bawang goreng.
(tdy)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak