5 Kebiasaan yang Bikin Rambut Rontok, Waspadai Kebotokan Dini

Kamis, 07 September 2023 - 08:01 WIB
loading...
5 Kebiasaan yang Bikin Rambut Rontok, Waspadai Kebotokan Dini
Cara merawat rambut dari kerontokan sebenarnya sangatlah mudah. Ada perawatan khusus yang perlu diperhatikan. Foto/ bebeautiful.
A A A
JAKARTA - Kebotakan bisa dialami secara alami pada laki-laki dan perempuan akibat rambut yang rontok terus-menerus. Keadaan ini tentu membuat kamu menjadi tampil kurang percaya diri. Untuk itu, penting untuk merawat rambut dari kerontokan.

Cara merawat rambut dari kerontokan sebenarnya sangatlah mudah. Ada perawatan khusus yang perlu diperhatikan dari mencuci rambut hingga proses pengeringan.



Sayang, masih banyak di antara kita yang tidak memerhatikan dengan baik cara merawat rambut tersebut hingga akhirnya rambut mengalami kerontokan.

Kini, mulailah untuk lebih memerhatikan perawatan rambut di rumah agar rambut tidak mudah rontok. dr. Mohammad Yoga Adi Waskito selaku spesialis kulit dan kelamin menjelaskan lima kebiasaan yang menyebabkan kerontokan rambut dan harus dihindari.

Penyebab Rambut Rontok

1. Jangan gosok rambut menggunakan handuk

Ketika mengeringkan rambut, hindari cara menggosok rambut terlalu kencang. Kita hanya perlu menepuk-nepuk rambut yang basah secara lembut lalu menutupinya dengan handuk. Jika menggosok terlalu kencang, maka bisa menyebabkan rambut mudah rontok.

2. Hindari penggunaan alat penata rambut yang panas

Penggunaan hair dryer dan catokan juga bisa membuat rambut jadi mudah rontok. Hal ini lantaran panas yang dikeluarkan oleh hairdryer dan catokan.

"Hairdryer memanaskan rambut. Segala sesuatu yang menghasilkan panas pada rambut itu dapat merusak rambut ya. Sehingga rambut jadi kering, rapuh, mudah patah, rontok hingga akhirnya mengalami kebotakan," kata Yoga.

Untuk itu, Yoga menyarankan agar kita menggunakan hair dryer dengan suhu yang serendah-rendahnya. Selain itu, jika untuk carokan tidak disarankan untuk menggunakan terlalu sering. Gunakanlah jika memang sedang dibutuhkan saja.
5 Kebiasaan yang Bikin Rambut Rontok, Waspadai Kebotokan Dini

3. Menyisir

Cara menyisir juga harus diperhatikan. Kita harus menyisir rambut secara lembut dan terlaha. Tidak boleh terlalu kasar, kencang, dan cepat karena bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan.

4. Pemilihan sampo dan kondisioner

Untuk menjaga rambut agar tetap kuat, kita harus menggunakan sampo dengan kandungan surfactant, silicone, dan polymer. Sementara kandungan kondisioner, pilihlah yang memiliki kandungan silicone, cationis surfactant, fatty alcohol, dan oil atau emollient.


5. Mengaplikasikan sampo dan kondisioner yang tepat

Selain penggunaan produk sampo yang benar, cara mengaplikasikan sampo pada rambut pun harus tepat. Pertama-tama, rambut harus dibasahi secara menyeluruh. Kemudian, tuangkan sampo pada telapak tangan. Setelah itu, gosok sampo di tangan hingga mengeluarkan busa lalu langsung aplikasikan pada rambut.

"Dipijat-pijat saja, tidak perlu digosok-gosok terlalu kencang," ucap Yoga.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3042 seconds (0.1#10.140)