Obesitas Bisa Diatasi Tanpa Operasi, Begini Caranya!

Kamis, 07 September 2023 - 07:03 WIB
loading...
Obesitas Bisa Diatasi Tanpa Operasi, Begini Caranya!
Obesitas menjadi salah satu penyakit yang penting untuk diatasi. Salah satu caranya dengan melakukan akupuntur, terapi dengan teknik tusuk menusuk di tubuh. Foto/ healthshots.
A A A
JAKARTA - Obesitas menjadi salah satu penyakit yang penting untuk diatasi, di mana terjadi penumpukan lemak yang berlebih akibat kalori yang diterima tubuh lebih banyak daripada yang dibakar. Nah, salah satu cara menanganinya dengan melakukan akupuntur, terapi yang menggunakan teknik tusuk menusuk di beberapa bagian tubuh.

Cara ini mampu regulasi hormon metabolik, menurunkan nafsu makan dan menekan craving, meningkatkan kemampuan pemulihan diri pasca exercise, menurunkan stres, memperbaiki pola dan kualitas tidur.



Dengan begitu berat badan akan terus berkurang dan kembali hidup sehat tanpa harus merasakan obesitas. dr. Srikandi Indira Putri selaku spesialis akupuntur medik Bamed menyatakan akupuntur adalah salah satu terapi yang aman untuk tubuh. Bisa dilakukan oleh bayi hingga lansia.

“Akupuntur bisa dilakukan dari bayi hingga lansia bisa tidak ada batasan kecuali ibu hamil,” kata Indira saat ditemui di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Sebelum melakukan terapi akupuntur, seseorang harus melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang bersangkutan. Konsultasi ini penting guna menentukan titik-titik yang akan disuntik jarum akupuntur.

“Jadi kita enggak bisa seragam gitu, setiap orang itu perlu konsultasi. Jadi, misalkan dia ada masalah trus makan jadi stres itu ada titik (akupuntur) tertentu. Harus dicaritahu terlebih dahulu (penyebabnya),” kata Indira.

Walaupun demikian, seluruh bagian tubuh bisa menjadi tempat untuk melakukan akupuntur.

“Secara keseluruhan hampir di seluruh tubuh sebenarnya. Kepala, tangan, telinga, perut, kaki, semua ada. Tapi belum tentu titiknya sama ya," tutur Indira.

Sama halnya dengan berbagai pengobatan lain, akupuntur pun memiliki efek samping untuk tubuh yakni biru-biru pada bagian tempat jarum disuntikkan.



“Efek samping akupuntur minimal biru pada titik-titik akupuntur. Karena kita kan di seluruh tubuh ada pembuluh darah ya. Kalau kita pas nusuknya kena pembuluh darah ya bisa biru kaya kepentok. Tapi enggak apa-apa," ujar Indira.

Setelah seseorang menjalani akupuntur ini, diharapkan mampu menurunkan 0,5 - 1 kg per minggu. Setelah itu, pasien dianjurkan untuk melakukan konsultasi kembali untuk melakukan akupuntur selanjutnya. Cara ini berlanjut hingga tubuh menjadi sehat dan idel.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)