11 Manfaat Ikan Salmon, Mengurangi Risiko Keguguran hingga Diabetes

Kamis, 07 September 2023 - 11:30 WIB
loading...
11 Manfaat Ikan Salmon, Mengurangi Risiko Keguguran hingga Diabetes
Salmon merupakan salah satu makanan tersehat di dunia. Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu mengurangi risiko beberapa penyakit. Foto/ stylecraze.
A A A
JAKARTA - Salmon merupakan salah satu makanan tersehat di dunia. American Heart Association merekomendasikan makan setidaknya dua porsi salmon per minggu. Ini karena salmon kaya akan asam lemak omega-3, protein, vitamin, dan mineral yang membantu mengurangi risiko beberapa penyakit dan gejala.

Dilansir stylecraze pada Kamis (7/9/2023), berikut 11 alasan Anda harus makan ikan salmon untuk meningkatkan kesehatan.


Manfaat Ikan Salmon

1. Baik untuk Jantung

Fakta nutrisi yang disebutkan di atas jelas menunjukkan bahwa salmon kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak tak jenuh ganda yang memiliki banyak ikatan rangkap. EPA dan DHA adalah dua jenis asam lemak omega-3 yang terdapat dalam salmon. Ini membantu mengurangi kadar trigliserida serum dengan mengurangi kadar LDL dan meningkatkan degradasi asam lemak. Salomon mencegah pembentukan plak dan dapat melindungi penyakit kardiovaskular dan stroke.

2. Turunkan Berat Badan

Salmon merupakan sumber protein bersama dengan asam lemak omega-3. Kedua nutrisi ini berpengaruh terhadap persentase lemak tubuh. Protein sulit dicerna sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membuat Anda makan lebih sedikit.

Asam lemak omega-3 membantu mengurangi penambahan berat badan akibat peradangan, menekan nafsu makan, meningkatkan sirkulasi, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi penumpukan lemak dengan meningkatkan oksidasi asam lemak. Jadi, tubuh langsing dan kencang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi ikan salmon yang dimasak dengan cara yang benar.
11 Manfaat Ikan Salmon, Mengurangi Risiko Keguguran hingga Diabetes

3. Mengurangi Peradangan

Peradangan itu berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan, nyeri sendi, respons autoimun, tukak lambung, dan stroke. Asam lemak omega-3 yang ada dalam salmon, EPA dan DHA, mengatur hormon lokal. Ini membantu mencegah migrain, radang sendi, psoriasis, kolitis ulserativa, multiple sclerosis, penyakit Crohn, obesitas akibat peradangan.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Asam lemak omega-3 yang ada dalam salmon penting agar otak Anda berfungsi dengan baik. Asam lemak tak jenuh ganda ini bersifat neuroprotektif. Selain itu, EPA dan DHA membantu meningkatkan pertumbuhan neurit pada tahap perkembangan otak. DHA juga membantu diferensiasi sel induk saraf menjadi sel saraf dewasa.

Asam lemak omega-3 juga terbukti meningkatkan fungsi kognitif pada wanita lanjut usia. Oleh karena itu, bijaksana untuk mengonsumsi salmon dalam jumlah yang dibutuhkan bisa meningkatkan fungsi otak.

5. Melawan Kanker

Kanker dapat disebabkan karena ketidakseimbangan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh, sehingga menyebabkan penumpukan racun, peradangan, dan proliferasi sel yang tidak terkendali. Menambahkan salmon ke dalam makanan Anda dapat membantu meningkatkan kadar asam lemak omega-3, sehingga mengurangi peradangan dan toksisitas dalam tubuh.

Faktanya, banyak penelitian yang membuktikan bahwa EPA dan DHA dapat digunakan untuk mengobati kanker dan mencegah perkembangan kanker payudara. Mereka juga dapat membantu mencegah hilangnya otot akibat kemo.

6. Mencegah ADHD pada Anak

Asam lemak omega-3, DHA dan EPA, memainkan peran penting namun berbeda dalam tubuh. DHA bertanggung jawab untuk perkembangan otak sebelum dan sesudah melahirkan, sementara EPA membantu mengendalikan suasana hati dan perilaku.

Para peneliti menemukan bahwa pemberian DHA dan EPA dalam kombinasi tertentu dapat membantu mengurangi gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) pada anak. Kombinasi ini juga bermanfaat bagi anak autis dan disleksia (10).

7. Sumber Protein

Salmon adalah sumber asam amino esensial dan protein tanpa lemak. Ini akan membantu Anda membangun massa otot untuk mendapatkan tubuh yang lebih kencang, meningkatkan kekuatan otot, mencegah rambut rontok, menekan nafsu makan, dan meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

8. Sumber Vitamin D yang Baik

Salmon juga merupakan sumber vitamin D yang membantu memperkuat tulang, mengurangi risiko diabetes tipe 2, melawan kanker, dan mencegah penyakit jantung.

Jika Anda bukan orang yang suka bangun pagi dan tidak keluar jalan-jalan atau jogging, kemungkinan besar Anda tidak mendapatkan jumlah vitamin D yang dibutuhkan.

Selain itu, jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, sebaiknya hindari paparan sinar matahari. Dalam kasus seperti ini, Anda sebaiknya mengonsumsi salmon untuk membantu tubuh Anda memproduksi melanin, pigmen yang membantu melindungi kulit dari sinar UV serta meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Studi Penyakit Mata Terkait Usia (AREDS) yang dilakukan para ilmuwan menunjukkan bahwa partisipan yang rutin mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3 memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit makula.

Karena salmon kaya akan asam lemak omega-3, salmon dianggap sebagai “raja” dalam hal meningkatkan penglihatan. Retina Anda mengandung DHA dalam jumlah baik yang mengatur aktivitas enzim dan fotoreseptor yang terikat membran. Para ilmuwan telah menemukan bahwa pemberian DHA pada tikus membantu meningkatkan penglihatan mereka.

10. Sumber Selenium yang Sangat Baik

Selenium adalah mineral yang bertindak sebagai antioksidan dan salmon adalah sumber selenium yang baik. Ini membantu melawan kanker, mengatur produksi hormon tiroid, mendukung berfungsinya sistem kekebalan tubuh, melawan tindakan HIV, membantu menurunkan kemungkinan keguguran, meningkatkan motilitas sperma, mengurangi stres oksidatif dan peradangan, dan juga dapat membantu melindungi dari penyakit kardiovaskular. Kekurangan selenium dapat menurunkan kemampuan kognitif Anda.


11. Sumber Astaxanthin yang Hebat

Pernah bertanya-tanya mengapa daging salmon berwarna merah muda jingga? Itu karena salmon mengandung astaxanthin dalam jumlah yang banyak, yang juga menjadi alasan mengapa kepiting dan udang berwarna oranye.

Astaxanthin adalah karotenoid xanthophyll yang memiliki sifat antioksidan kuat dan membantu mengais radikal oksigen berbahaya. Hal ini, pada gilirannya, membantu mencegah penyakit kardiovaskular, kanker, dan peradangan. Astaxanthin tidak dapat disintesis oleh manusia, tetapi Anda bisa mendapatkannya dalam jumlah yang banyak dengan mengonsumsi salmon.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)