Heboh Band U2 Izinkan Putri Ariani Bawakan Lagunya di AGT, Rieka Roslan Singgung Hak Komposer

Kamis, 07 September 2023 - 12:15 WIB
loading...
Heboh Band U2 Izinkan Putri Ariani Bawakan Lagunya di AGT, Rieka Roslan Singgung Hak Komposer
Putri Ariani mendapat izin membawakan lagu U2 di ajang Americas Got Talent. Rieka Roslan pun angkat bicara soal hak seorang komposer atas lagu yang dimiliki. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA – Tidak mudah bagi seorang musisi atau penyanyi membawakan lagu mulik band U2. Pasalnya, Bono dan kawan-kawan tidak memberi izin. Rieka Roslan pun menyinggung hal itu. Menurutnya apa yang dilakukan U2 adalah hak.

Diketahui, Putri Ariani mendapat izin membawakan lagu U2 di ajang America's Got Talent. Tembang berjudul I Still Haven't Found What I'm Looking For ini pun sukses ditaklukkan.



"U2 tidak mengizinkan lagunya dipakai untuk dibawakan. Namun mereka memberikan izin kepada @arianinismaputri untuk membawakan lagu I Still Haven't Found What I'm Looking For karena melihat audisi pada ajang @agt yang sangat luar biasa," tulis Rieka Roslan melalui akun Instagram pribadinya, dikutip pada Kamis (7/9/2023).

Melihat izin yang diberikan U2 kepada Putri Ariani , sebagai salah satu musisi sekaligus komposer, dia mengakui bahwa hal ini merupakan hak. Seharusnya dimiliki oleh setiap komposer terhadap karya-karya ciptaannya.

"Inilah yang dinamakan eksklusifitas di tangan Pencipta atau Pemilik Karya Cipta. Dimana penggunaan lagu dalam area publik harus memiliki fungsi kontrol yang baik," tulis Rieka Roslan.
Heboh Band U2 Izinkan Putri Ariani Bawakan Lagunya di AGT, Rieka Roslan Singgung Hak Komposer


Atas hak eksklusifitas tersebut, perempuan 53 tahun ini menilai bahwa hak istimewa dimiliki oleh komposer. Tentunya adanya ekosistem serta penegakan hukum, berjalan sesuai dengan kepentingan setiap orang.

"Dengan demikian, ekosistem seimbang dan penegakan hukum berjalan secara logis serta sinergis untuk semua kepentingan...Bukan pakai saja dulu, urusan belakangan upss," tulis dia.



Diakhir kalimat, Rieka Roslan mengucapkan selamat kepada Putri Ariani , sukses membawakan lagu U2 berjudul I Still Haven't Found What I'm Looking For.

Dalam penampilan Putri Ariani disambut positif dan mendapat standing ovation dari keempat juri, yakni Simon Cowell, Sofia Vergara, Heidi Klum, dan Howie Mandel. Sekaligus beramai-ramai memberikan komentar positif.

"Btw, congrats Putri Ariani...You did it!!!," tulis Rieka Roslan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3756 seconds (0.1#10.140)