5 Penyakit Komplikasi Jika Tidak Segera Mengobati Asam Urat, Waspada Batu Ginjal

Jum'at, 08 September 2023 - 19:15 WIB
loading...
5 Penyakit Komplikasi Jika Tidak Segera Mengobati Asam Urat, Waspada Batu Ginjal
Asam urat bisa berujung pada komplikasi jika tidak segera diobati. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Penyakit asam urat bisa berujung pada komplikasi jika tidak segera diobati. Hal ini akan berbahaya bagi tubuh penderita.

Asam urat termasuk salah satu jenis penyakit persendian yang biasanya menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut. Namun, serangan penyakit ini bisa berbeda-beda setiap orang.

Ada yang merasakan gejalanya hanya satu kali saja, tetapi ada juga yang sering kambuh hingga berkembang menjadi penyakit kronis. Oleh karenanya, asam urat harus segera diobati untuk mencegah komplikasi asam urat.



Berikut ini adalah lima penyakit komplikasi jika asam urat tidak segera diobati.

Penyakit Komplikasi Jika Tidak Segera Mengobati Asam Urat


1. Tophi


Tophi adalah benjolan keras yang terbentuk akibat penumpukan kristal asam urat di bawah kulit. Penyakit ini biasanya muncul pada penderita asam urat kronis yang tidak mendapatkan pengobatan yang tepat.

Tophi dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, seperti tangan, kaki, pergelangan tangan, pergelangan kaki, luar telinga, dan bahkan organ dalam. Tophi dapat menyebabkan rasa sakit, infeksi, dan kerusakan jaringan.

2. Batu Ginjal


Batu ginjal adalah komplikasi yang terjadi akibat pembentukan kristal asam urat di saluran kemih dan membentuk batu ginjal. Batu tersebut dapat menghambat aliran urine dan menyebabkan rasa sakit yang hebat.

Apabila dibiarkan tentu akan berisiko terkenal kerusakan ginjal atau yang biasa dikenal dengan nama gagal ginjal. Batu ginjal dapat dicegah dengan minum air putih yang cukup, mengurangi konsumsi makanan tinggi purin, dan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter.

3. Gout arthritis


Gout arthritis merupakan jenis penyakit peradangan sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Penyakit ini dapat menyerang satu atau lebih sendi sekaligus, seperti sendi jari tangan, jari kaki, lutut, dan pergelangan tangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)