Amankah Semangka bagi Penderita Diabetes?

Jum'at, 14 April 2017 - 16:05 WIB
Amankah Semangka bagi Penderita Diabetes?
Amankah Semangka bagi Penderita Diabetes?
A A A
JAKARTA - Siapa yang tidak suka dengan semangka? Buah yang lezat dengan kandungan air yang banyak ini cukup digemari. Namun, amankah semangka jika dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Dilansir Boldksy, berikut beberapa fakta tentang semangka yang wajib diketahui, khususnya bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.

Fakta 1
Semangkuk semangka dilengkapi dengan hampir 14 gram karbohidrat. bagi yang memiliki diabetes, harus hati-hati dengan asupan karbohidrat. Jadi, jika mengonsumsi semangka, maka perlu mengurangi karbohidrat di waktu makan berikutnya. Hal ini untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap terkontrol, perlu membatasinya dengan 40-60 gram karbohidrat di setiap waktu makan per hari. Jika kurang atau lebih dari itu, tentu dapat mengganggu stabilitas kadar gula darah.

Fakta 2
Indeks glikemik dari semangka adalah 72. Artinya dapat memengaruhi kadar gula darah penderita diabetes. Semangka dapat dicerna dengan cepat. Hal itu bisa menyebabkan fluktuasi kadar gula darah.

Fakta 3
Jika mereka yang memiliki diabetes ingin makan semangka, makanlah dan imbangi dengan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Fakta 4
Jika dapat mengatur makanan yang dikonsumsi berdasarkan pada hitungan kalori dan karbohidrat dalam makanan tersebut, maka penderita diabetes dapat menikmati semangka.

Semangkuk semangka dilengkapi dengan hampir 12 gram gula dan 55 kalori. Jadi sebaiknya perlu diimbangi dengan makanan berprotein atau makanan lain yang memiliki indeks glikemik rendah. Oatmeal menjadi pilihan baik yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5076 seconds (0.1#10.140)