4 Cara Alami untuk Tangani Demam karena Virus

Minggu, 10 September 2023 - 06:30 WIB
loading...
4 Cara Alami untuk Tangani Demam karena Virus
Demam akibat virus biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Demam akibat virus biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Baik pada anak-anak maupun orang dewasa, sebagian besar virus dapat hilang dengan sendirinya dan merupakan bagian dari proses penyembuhan.

Namun, jika Anda melihat gejala yang tidak biasa, atau demam tak kunjung hilang setelah sekitar satu hari, sebaiknya segera hubungi dokter.

Terkait hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan guna membantu mengelola gejala demam sebagaimana dikutip dari Healthline, Minggu (10/9/2023).


1. Minum Banyak Cairan

Demam akibat virus membuat tubuh lebih hangat dari biasanya. Hal ini menyebabkan tubuh berkeringat sebagai upaya untuk menenangkan diri.

Tapi hal ini menyebabkan hilangnya cairan, yang bisa menyebabkan dehidrasi. Cobalah untuk minum sebanyak yang Anda bisa ketika mengalami demam karena virus. Tidak hanya air putih, bisa juga minum minuman seperti jus, sup dengan kaldu ayam, atau teh tanpa kafein.

2. Beristirahatlah yang Banyak

Demam akibat virus adalah tanda bahwa tubuh sedang bekerja keras melawan infeksi. Manfaatkan waktu luang dengan beristirahat sebanyak mungkin.

Meskipun Anda tidak bisa menghabiskan hari di tempat tidur, cobalah untuk menghindari aktivitas fisik sebanyak mungkin. Usahakan untuk tidur delapan hingga sembilan jam atau lebih per malam. Tunda rutinitas olahraga untuk sementara waktu.


3. Minum Obat Penurun Demam

Ada banyak pilihan obat penurun demam yang dijual bebas di toko obat atau apotek. Hal ini merupakan cara termudah. Selain mengurangi demam untuk sementara, obat-obatan ini juga akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman.

Pastikan tetap banyak istirahat, meskipun Anda merasa lebih baik setelah beberapa jam mengonsumsi obat.

4. Cobalah Pengobatan Herbal

Orang terkadang mencoba pengobatan herbal untuk mengobati demam. Perlu diingat bahwa suplemen ini telah terbukti dapat meredakan demam pada hewan.

Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter apabila Anda ingin mengonsumsi obat-obatan pereda demam yang herbal sebelum mencobanya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)