Manfaat Sambiloto, Redakan Demam hingga Turunkan Gula Darah

Senin, 04 Oktober 2021 - 18:28 WIB
loading...
Manfaat Sambiloto, Redakan Demam hingga Turunkan Gula Darah
Sambiloto memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari meredakan demam hingga menurunkan gula darah tinggi. Tanaman ini sejak lama digunakan obat tradisional. Foto/ist.
A A A
JAKARTA - Sambiloto memiliki banyak manfaat kesehatan . Mulai dari meredakan demam hingga menurunkan gula darah tinggi. Tanaman herbal ini sudah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional karena dianggap dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Sambiloto mengandung zat aktif yang disebut andrografolida pada bagian batang dan daun yang memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antivirus. Tanaman ini juga kaya akan kandungan antioksidan, seperti saponin, terpenoid, tanin, dan flavonoid.

Berkat kandungan tersebut, sambiloto kerap dimanfaatkan untuk memelihara dan menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk menjaga daya tahan tubuh. Tanaman ini bahkan digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gejala pilek.

Meski rasanya pahit, ada banyak manfaat sambiloto untuk kesehatan. Berikut ulasannya seperti dikutip dari Alodokter, Senin (4/10/2021).


1. Meredakan Demam

Demam merupakan salah satu reaksi tubuh yang terjadi akibat peradangan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika tubuh mengalami infeksi , misalnya karena bakteri atau virus.

Daun sambiloto merupakan salah satu obat pereda demam alami. Ini berkat efek antiradang, antibakteri, dan antivirus yang terdapat di dalam tumbuhan tersebut.

2. Perkuat Daya Tahan Tubuh

Sambiloto diketahui bermanfaat meningkatkan kerja sistem imun tubuh . Tanaman ini dapat memperbaiki dan merangsang kinerja sel-sel darah putih, sehingga lebih efektif melawan berbagai kuman dan virus penyebab infeksi.

Ekstrak sambiloto juga dapat meningkatkan kinerja daya tahan tubuh dalam mendeteksi dan membasmi sel-sel kanker di dalam tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)