Makna Tradisi Mitoni, Acara 7 Bulanan Adat Jawa yang Digelar Aurel Hermansyah

Minggu, 10 September 2023 - 19:03 WIB
loading...
Makna Tradisi Mitoni, Acara 7 Bulanan Adat Jawa yang Digelar Aurel Hermansyah
Mengenal Tradisi Mitoni yang digelar Atta Halilintar saat usia kandungan Aurel Hermansyah memasuki tujuh bulan. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Mengenal Tradisi Mitoni yang digelar Atta Halilintar saat usia kandungan Aurel Hermansyah memasuki tujuh bulan. Acara ini dihadiri oleh keluarga besar, baik keluarga Atta maupun Aurel.

Mitoni merupakan tradisi upacara adat bagi perempuan hamil dalam budaya Jawa. Penasaran apa itu mitoni? Berikut ulasannya.


Mitoni

Mitoni merupakan upacara adat siklus hidup yang masih sering dijumpai pada masyarakat Jawa, yaitu selamatan saat janin dalam kandungan berusia tujuh bulan.

Tradisi ini telah ada sejak dahulu di Pulau Jawa dan terdapat beragam istilah yang berbeda dalam menyebut upacara adat ini.

Di Jawa Tengah misalnya, ada Karisidenan Solo yang dikenal dengan istilan mitoni. Sementara, di Jawa Timur disebut tingkeban, Madura disebut palet kandhungan, juga tradisi yang serupa disebut dengan istilah nujuh-nujuh.

Memohon Keselamatan

Tradisi ini dilakukan untuk memohon keselamatan, yang ditunjukan pada calon ibu dan bayinya serta memanjatkan doa-doa agar proses bersalin berjalan lancar.

Prosesi Mitoni

Terdapat beberapa prosesi utama dalam upacara mitoni. Hal pertama yang dilakukan adalah siraman pada waktu siang hari karena dipercaya sebagai waktunya para bidadari juga turun dari kayangan untuk mandi.

Prosesi kedua adalah prosesi brojolan, yaitu memasukan telur kedalam jarik calon ibu, yang diikuti dengan pemotongan tali letrek sebagai simbol membuka jalan lahir.



Kemudian akan dimasukkan sepasang kelapa gading muda (cengkir gading) ke dalam sarung dari atas perut calon ibu. Setelah itu akan ada prosesi ganti pakaian sebanyak tujuh kali, di mana calon ibu akan dipakaikan kemben atau kain jarik dengan tujuh motif yang berbeda oleh para sesepuh.

Baru setelah semua proses selesai, acara mitoni akan ditutup dengan berjualan rujak dan makan bersama.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)