5 Manfaat Bawang Putih untuk Rambut, Begini Cara Mengaplikasikannya

Senin, 11 September 2023 - 07:00 WIB
loading...
5 Manfaat Bawang Putih untuk Rambut, Begini Cara Mengaplikasikannya
Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk rambut. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk rambut.

Rempah-rempah yang biasa digunakan untuk membuat makanan ini dipercaya membantu menyehatkan rambut, dari menghilangkan ketombe, memperkuat rambut dan mencegah rambut rontok, membebaskan rambut dari jamur. Hal ini dapat terjadi lantaran kandungan nutrisi yang ada di dalam bawang putih .



Untuk lebih jelas, berikuti ini deretan manfaat bawang putih untuk rambut yang telah dirangkum dari Pinkvilla, Minggu (10/9/2023).

Manfaat Bawang Putih

1. Membantu pertumbuhan rambut

Bawang putih memiliki kandungan Sulfur. Elemen ini penting untuk memproduksi keratin, protein yang terdiri dari sebagian besar struktur rambut dan juga memainkan peran penting dalam siklus pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan belerang dalam bawang putih mampu menjaga kesehatan rambut.

2. Melindungi kerusakan rambut akibat sinar matahari

Segai makhluk hidup, tentu kita tidak akan terus berdiam diri di rumah. Terkadang kita keluar rumah untuk mengerjakan beberapa hal. Keadaan ini membuat rambut terpapar sinar matahari dan bisa menyebabkan kerusakan.

Namun, bawang putih memiliki kandungan anti oksida yang melindungi rambut Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV), memberikan efek perlindungan saat terkena sinar matahari.

3. Menghilangkan jamur di kulit kepala

Bawang putih mengandung komponen yang telah menunjukkan sifat antivirus dan anti jamur. Ini membuatnya sangat berguna untuk mengatasi masalah kulit kepala yang disebabkan oleh infeksi virus atau jamur.

4. Menyehatkan rambut

Bawang putih mentah kaya akan vitamin C. Kandungan ini dapat meningkatkan kesehatan rambut. Sebab, Vitamin C berperan dalam merangsang pertumbuhan rambut dan juga meningkatkan produksi kolagen.
5 Manfaat Bawang Putih untuk Rambut, Begini Cara Mengaplikasikannya

5. Menyelesaikan masalah rambut rontok

Masalah rambut rontok sering kali dialami oleh banyak orang. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, tidak usah khawatir. Cobalah untuk mengaplikasikan bawang putih di kepalamu.

Sebab bawang putih secara alami menghambat efek Dihidrotestosteron (DHT) yang berpotensi memperlambat kerontokan rambut dan bahkan mengobati alopecia.

Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan bawang putih pada rambut? Olah bawang putih menjadi minyak rambut dengan cara berikut ini:

1. Hancurkan beberapa siung bawang putih atau buat pasta bawang putih.

2. Masukkan pasta bawang putih ke dalam wajan dan panggang dengan cepat.

3. Tambahkan secangkir minyak kelapa atau minyak zaitun ke pasta bawang putih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3359 seconds (0.1#10.140)