5 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari, Paling Gampang Banyak Minum Air Putih

Minggu, 10 September 2023 - 18:00 WIB
loading...
5 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari, Paling Gampang Banyak Minum Air Putih
Banyak orang yang mengeluhkan masalah sunburn di musim panas seperti sekarang. Foto/ stylecraze.
A A A
JAKARTA – Banyak orang yang mengeluhkan masalah sunburn di musim panas seperti sekarang ini. Biasanya, sunburn atau kulit terbakar sinar matahari berupa pengelupasan kulit.

Sunburn disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya terlalu lama di bawah sinar matahari, intensitas radiasi UV, jenis kulit dan penggunaan perawatan produk tertentu.



Namun, dampak terburuknya sunburn tidak hanya sekadar terjadi pengelupasan kulit, juga berisiko kanker kulit. Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Dikutip laman stylecraze pada Minggu (10/9/2023), berikut ulasanya.

Cara Mengatasi Kulit Terbakar

1. Oleskan sunscreen yang mengandung SPF setiap kali di dalam atau diluar rumah terkhususnya dengan durasi 30 menit atau dua jam sekali.

2. Jauhi sinar matahari sebisa mungkin.

3. Jaga kulit agar selalu tertutup atau terlindungi dari sinar matahari, dengan menggunakan topi, baju lengan panjang, dan lain-lain.

4. Minum air putih secara cukup agar tubuh mencegah tubuh dari dehidrasi.

5. Hindari tanning bed.

Pengelupasan kulit yang terbakar akibat sinar matahari tentunya akan membutuhkan tindakan medis lebih banyak, Anda harus segera datang ke dokter apabila mengalami gejala pembengkakan, keluarnya cairan dari area yang terbakar, kulit melepuh dan meradang, serta terjadi demam.

Konsultasikan pada dokter, apabila mengalami kulit terbakar karena setiap kulit yang dimiliki setiap orang berbeda-beda jenis dan masalahnya.

Adapun tindakan atau cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kulit yang mengelupas akibat sinar matahari yaitu dengan cara:
5 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari, Paling Gampang Banyak Minum Air Putih

1. Mengoleskan gel lidah buaya

Gel lidah buaya yang dioleskan pada kulit yang terbakar akan membuat kulit terasa lebih tenang dan menghidrasinya agar mengurangi peradangan.

2. Gunakan pakaian longgar

Kulit yang sunburn akan merasa tidak nyaman apabila menggunakan pakaian yang ketat. Untuk itu, gunakanlah pakaian yang longgar dan berbahan lembut agar kulit Anda bisa lebih bernapas dan mengurangi kemungkinan terjadinya gesekan dan iritasi pada kulit.

3. Jangan dikelupas

Kulit yang terbakar biasanya akan menyebabkan beberapa kulit menjadi agak kering dan mengelupas. Namun, apabila mendapati kondisi demikian, jangan sekali-kali mengelupasnya secara paksa. Karena akan berisiko menyebabkan infkesi dan membuat sel-sel kulit yang belum siap terpapar menjadi semakin buruk kondisinya.


4. Minum obat antiperadangan

Mengonsumsi obat antiperadangan akan membantuk menenangkan kulit dari rasa sakit dan pembengkakan akibat sengatan matahari.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)