Jangan Sampai Polusi Udara Merusak Rambut, Lakukan Cara Ini Segera!

Senin, 11 September 2023 - 10:53 WIB
loading...
Jangan Sampai Polusi...
Tak banyak yang sadar kalau rambut terpapar polusi tiga kali lebih banyak ketimbang kulit. Foto/AladinMall
A A A
JAKARTA - Seiring maraknya perbincangan soal Indeks Polusi Udara (IPU) di Jakarta, Anda harus mengetahui cara merawat rambut agar terlindungi dari efek buruk pencemaran udara.

Tak banyak yang sadar kalau rambut terpapar polusi tiga kali lebih banyak ketimbang kulit. Partikel debu dan kotoran yang berukuran mikro sangat mudah menempel pada kutikula rambut, sehingga menjadikan rambut lebih berat dan rapuh.

Akibatnya, rambut cenderung jadi lebih kasar dan gampang rontok. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini mengenai cara merawat rambut yang benar agar sehat dan berkilau.


5 Cara Merawat Rambut yang Benar

1. Rutin Keramas

Paparan debu dan kotoran yang menempel di rambut setiap harinya membuat kita harus membersihkannya dengan cara keramas. Anda dapat menggunakan sampo sesuai dengan permasalahan rambut yang dialami.

Namun, jika Anda sedang berada di luar ruangan, dry shampoo bisa jadi alternatif yang baik. Tak hanya dapat membersihkan, dry shampoo juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada rambut Anda.

2. Beri Nutrisi Tambahan Pada Rambut

Rajin menggunakan nutrisi tambahan pada batang rambut juga membantu, lho. Rambut akan lebih halus dan mudah diatur jika Anda mengaplikasikan vitamin tambahan. Pastikan Anda memilih jenis vitamin yang sesuai dengan keluhan rambut.

3. Rajin Creambath atau Hair spa

Selain fokus pada perawatan dasar rambut, Anda juga tidak boleh malas memberi perawatan ekstra. Satu hingga dua kali sebulan, tak ada salahnya pergi ke salon langganan untuk treatment rambut seperti hair spa atau creambath.

Kalau tak punya waktu atau alokasi dana lebih, Anda bisa menggunakan hair mask sendiri di rumah. Beri pijatan lembut untuk melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Rambut dijamin sehat, lembut, berkilau, dan bebas rontok!


4. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Selain perawatan dari luar, Anda juga perlu memerhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Rajin makan sayuran hijau, ikan, telur, dan makanan tinggi protein lainnya terbukti ampuh memperkuat rambut.

5. Gunakan Pelindung Panas

Layaknya kulit yang butuh perawatan skin care, rambut juga butuh dimanja agar tetap sehat dan berkilau. Anda bisa melakukan perawatan rambut rusak akibat pencemaran udara dengan menyemprotkan heat protectant setiap hari.

Untuk Anda yang merasa rambutnya sudah terlanjur rusak, kering, dan kusam, sebaiknya rajin melakukan hair trim di salon minimal tiga bulan sekali. Pastikan Anda melakukan perawatan rambut dengan disiplin dan tekun agar rambut tetap sehat meski terpapar polusi!

Memang, merawat rambut membutuhkan kedisiplinan serta bujet yang cukup. Namun Anda jangan khawatir pengeluaran akan membengkak kalau membeli perawatan rambut di AladinMall!

Dapatkan harga super hemat serta gratis ongkir tanpa batas untuk setiap pembelian apa pun di AladinMall! Selain perawatan rambut, Anda juga bisa beli skin care pilihan yang lagi hits banget! Penasaran kan? Makanya, download aplikasinya di Google Play Store sekarang!
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)